menu
user
URstyle

Baru Mulai Belajar Bermain Musik? Ini 5 Tips buat Kamu

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Baru Mulai Belajar Bermain Musik? Ini 5 Tips buat Kamu
Image: Ilustrasi belajar main gitar. (Pixabay/ValeriaRodrigues)

Jakarta - Bermain musik merupakan salah satu hobi menyenangkan. Namun, kadang sebagian masih jarang maupun terlambat menyadarinya dan baru tertarik di usia yang sudah tidak cukup muda lagi.

Tapi tahu kah kamu kalau sebenarnya nggak ada kata terlambat dalam belajar, termasuk belajar memainkan alat musik? Bahkan, Urbanreaders yang tertarik bermain musik namun belum pernah menyentuh alat musik selama 20 tahun atau lebih sekalipun juga bisa loh memainkannya dengan baik jika terus berusaha.

Masalahnya, sebagian dari kita yang baru belajar di usia yang tak lagi muda biasanya akan berpikir ini seperti momok. Untuk itu, Urbanasia akan membagikan beberapa tips yang bisa membantu latihan kamu lebih fokus dan santai.

1. Luangkan sedikit waktumu setiap hari untuk berlatih

Sedikit tapi rutin, memang klise. Namun dalam hal latihan hal ini biasanya berhasil. Dengan berlatih setiap hari meski hanya beberapa menit, kamu akan terbiasa dan menjadi 'akrab' dengan alat musik yang kamu pelajari. 

Tanpa kamu sadar, otot-ototmu akan mengingat apa yang kamu pelajari, bahkan saat sedang tidak bermain musik. Hal ini akan memudahkan kamu untuk belajar dan mengembangkan hobimu ini.

2. Fokus pada satu alat musik

1614937286-bermain-piano---pixabay---qiipqiipfly.jpgSumber: Ilustrasi main piano. (Pixabay/qiipqiipfly)

Mungkin Urbanreaders tertarik dengan beberapa instrumen musik. Namun untuk berhasil memanikannya, ada baiknya kamu fokus pada satu instrumen sampai benar-benar mengenalnya. Setelah kamu merasa cukup akrab dan bisa memainkannya dengan baik, barulah mulai belajar alat musik lainnya. Hal ini akan membantu kamu tetap konsentrasi dengan apa yang kamu pelajari.

3. Jangan cepat menyerah

Bermain musik memang bukan perkara yang mudah. Kita perlu paham teori dan menguasai tekniknya. Untuk menyelaraskan antara pengetahuan dan teknis, maka tak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat karena semua ini butuh proses.

Namun dalam perjalanan ini, jangan menyerah. Kesalahan dalam belajar adalah hal yang wajar. Mainkan lagu-lagu favorit untuk meningkatkan semangat belajar bermain musik. Coba berbagi cerita kepada teman atau saudara yang sudah berpengalaman juga bisa dicoba, siapa tahu ini akan membantu kamu termotivasi?

4. Manfaatkan internet untuk mengasah skill

Beruntunglah kita hidup di zaman yang penuh dengan kemudahan internet saat ini. Internet membantu kamu belajar dan mengasah kemampuan bermain musik tanpa harus membayar mahal.

Misalnya saja di YouTube, saat ini banyak orang memposting tutorial memainkan alat musik. Tak jarang juga mereka yang mahir membagikan tips dan mengajarkan teknik bermain musik mulai dari dasarnya. Ini tentu kesempatan yang tak boleh kamu lewatkan. Selain itu di internet kamu juga bisa mencari situs-situs yang menyediakan kursus gratis.

5. Kuatkan tekad dan berusahalah dengan tekun

1614937414-belajar-main-gitar---pixabay---ValeriaRodrigues.jpgSumber: Ilustrasi belajar main gitar. (Pixabay/ValeriaRodrigues)

Bukan hal aneh jika seseorang yang tertarik dengan hal baru kemudian bosan melakukannya. Hal itu pun seringkali terjadi saat kita belajar musik. Hari pertama kedua, semua tampak berjalan lancar dan menyenangkan. Namun tiba-tiba di hari ke lima dan seterusnya rasa malas mulai menghantui. Apa kamu juga pernah mengalaminya?

Jika iya, coba cari tantangan baru dalam belajar sehingga kamu kembali tertantang untuk terus belajar dan mengasah skill. Mencari partner belajar juga bisa jadi solusi. Kuncinya disiplin dan terus semangat guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait