beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Masalah Rambut yang Sering Dialami Hijabers

Anisa Kurniasih, 20 Oktober 2022 19.53.15
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Masalah Rambut yang Sering Dialami Hijabers
Image: Ilustrasi hijab (Freepik)

Jakarta - Beraktivitas mengenakan hijab seharian kadang menimbulkan dilema tersendiri termasuk soal kondisi rambut yang selalu tertutup. Meski sudah menjadi komitmen, kamu tentu tidak boleh mengabaikan dan cuek dengan kondisi rambutmu loh.

Berkerudung seharian kadang menyebabkan rambut menjadi kurang prima. Tertutup tanpa ritual perawatan memadai justru berpotensi menyebabkan masalah baru, seperti kerontokan, lepek, kusut, hingga berketombe.

Bisa dibilang, pengguna hijab lebih beresiko mengalami kerusakan rambut di banding yang tidak menggunakan hijab.  Itu mengapa rambut juga tetap butuh perawatan agar tetap sehat dan tidak mengalami masalah. 

Nah, kita kenali yuk beberapa masalah rambut yang sering dialami pada hijabers, kira-kira apa aja ya?

1. Berketombe Parah

1646802739-ketombe.jpgSumber: Ilustrasi rambut berketombe. (Freepik/suriyayapin)

Rambut yang berketombe ini menjadi masalah yang banyak dialami oleh wanita berhijab. Kondisi ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya karena kebanyakan minyak di kulit kepala, kulit kepala yang sensitif, atau karena keadaan kulit kepala yang kotor. 

Saat kamu memakai hijab, sirkulasi udara di daerah kepala tentu akan berkurang. Apalagi buat kamu yang  aktivitasnya padat seharian.

Akibatnya, bakteri akan berkembang biak lebih cepat di kulit kepala. Kondisi ini akan menyebabkan kulitmu terasa gatal. Tidak hanya itu, kulit kepala yang tidak bersih juga akan menyebabkan timbulnya ketombe. 

Nah, buat kamu yang memiliki masalah rambut berketombe, pastikan kamu menggunakan shampoo dengan kandungan yang cocok untuk rambut berketombe ya, Guys. 

2. Lepek dan Cepat Berminyak

1658303217-gaya-rambut-rontok.jpgSumber: Ilustrasi gaya rambut. (Freepik/lookstudio)

Kulit kepala berminyak tentu kerap menjadi masalah bagi pengguna hijab. Hal ini disebabkan karena kepala yang tertutup tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. 

Nah, biar nggak cepat lepek, disarankan untuk nggak mengikat rambut dalam kondisi basah ya, Urbanreaders.

Mengikat rambut dalam keadaan basah dan menutupnya dengan hijab membuat rambut menjadi mudah lepek. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa memilih bahan hijab yang mudah menyerap keringat.

Selain itu, usahakan untuk selalu mengeringkan rambut sebelum mengikat dan menggunakan hijab. Hindari juga penggunaan hijab berbahan sintetis yang dapat menyebabkan bau apek, karena sulit menyerap keringat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait