beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Tanda Makeup Sudah Kadaluwarsa yang Perlu Kamu Tahu!

Izzah Putri Jurianto, 3 November 2022 00.27.27
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tanda Makeup Sudah Kadaluwarsa yang Perlu Kamu Tahu!
Image: Ilustrasi makeup (pexels/cottonbro)

Jakarta – Fungsi utama makeup adalah untuk mempercantik penampilan wajah. Namun, apa jadinya jika sebuah produk makeup sudah masuk masa kadaluwarsa atau expired, tapi masih tetap dipakai? 

Umumnya, kejadian semacam ini banyak terjadi karena masih kurang dalam memahami tanda-tanda makeup yang expired. Berikut Urbanasia akan menjelaskan 5 hal yang perlu kamu tandai untuk tahu apakah makeup sudah expired atau tidak.

1. Perubahan Tekstur

1648182877-eyeshadow-unsplash.jpgSumber: Ilustrasi eyeshadow. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Salah satu pertanda yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui apakah sebuah produk makeup sudah masuk masa expired adalah teksturnya. Biasanya, tanda ini mudah dikenali pada produk yang teksturnya creamy.

Produk dengan tekstur creamy, seperti lip cream atau cream blush, harusnya kental. Namun, jika produkmu malah punya tekstur yang menggumpal bahkan sulit untuk diambil dari kemasan, bisa jadi makeup tersebut sudah expired.

2. Bau Aneh

1664868323-Ilustrasi-Wanita-Menggunakan-Brush-Makeup.jpgSumber: Ilustrasi menggunakan brush makeup. (Pexels/georgemilton)

Nah, untuk ciri kedua ini sepertinya sangat mudah untuk langsung dikenali. Sebab, bau aneh dari makeup biasanya akan langsung tercium saat kamu membuka kemasan produk.

Salah satu contohnya, menurut seorang makeup artist Pati Dubroff, jika sebuah makeup punya aroma seperti gas atau bensin, maka tandanya produk tersebut sudah mulai rusak. Ada pula produk-produk makeup expired yang mengeluarkan aroma basi.

3. Clumpy

1661250350-pakai-maskara.jpgSumber: Ilustrasi pakai maskara. (Freepik/valuavitaly)

Pernah memiliki pengalaman ketika mascara punya tekstur yang clumpy? Akhirnya, produk tidak lagi bisa digunakan karena sulit dikeluarkan dari kemasan.

Walau memang tidak selalu berarti expired, kamu tetap harus waspada jika salah satu produk makeup mulai menggumpal. Sebab, gumpalan ini bisa jadi salah satu indikator adanya pertumbuhan bakteri, loh.

4. Perubahan Warna

1664880209-Ilustrasi-Shade-Foundation.jpgSumber: Ilustrasi shade foundation. (Freepik)

Saat membeli sebuah foundation, cushion atau concealer, pastinya kamu akan memilih warna yang paling pas dengan skin tone. Tapi, lama-kelamaan kok rasanya produk complexion jadi makin gelap, padahal skintone tetap sama?

Hati-hati karena bisa jadi produk kamu mengalami oksidasi. Hal ini bisa disebabkan oleh bakteri, yang merupakan ciri dari produk yang sudah expired.

Faktor lain yang bisa menyebabkan oksidasi produk makeup adalah cara penyimpanan yang kurang tepat, misalnya jika kamu terbiasa meletakkannya di tempat yang mudah terpapar sinar matahari.

5. Muncul Lapisan Abu

1650278004-bedak-tabur.jpgSumber: Ilustrasi loose powder atau bedak tabur. (Freepik)

Terakhir, untuk produk yang bentuknya powder, tanda expirednya adalah kemunculan semacam lapisan abu yang menutupi powder. Produknya bisa bermacam-macam, seperti loose powder atau compact powder.

Jika kamu melihat bahwa bedakmu sudah mulai tercampur dengan warna lain, yang akhirnya membuat warnanya tak sesuai dengan kulit, maka ini adalah ciri produk yang sudah expired. So, sudah saatnya bagimu untuk beralih ke makeup yang baru.

Kalau kamu sudah menemui salah satu, atau bahkan lebih dari beberapa ciri yang dijelaskan tadi, maka sudah saatnya untuk membeli makeup yang baru. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tanda-tanda tersebut juga punya kemungkinan disebabkan cara kamu menyimpan makeup yang masih belum tepat. So, lebih teliti lagi, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait