beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Cerita Iqbaal Ramadhan Jalani Gaya Hidup Sustainable Living

Kintan Lestari, 31 Mei 2022 21.00.15
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cerita Iqbaal Ramadhan Jalani Gaya Hidup Sustainable Living
Image: Iqbaal Ramadhan/[email protected]

Jakarta - Sudah banyak selebriti yang peduli dengan masalah perubahan iklim (climate change). Salah satunya adalah musisi sekaligus aktor, Iqbaal Ramadhan.

Bintang 22 tahun yang tengah menempuh pendidikan di Australia itu mulai menjaga lingkungan dengan menerapkan gaya hidup sustainable living

"Sustainable living itu lebih ribet daripada normal living. Buat aku it's kinda hard, jadi I just do it I know do tanpa membuat my life harder," ujar Iqbaal dalam Konferensi Pers Virtual "Be Seen Be Heard" The Body Shop Indonesia, Senin (30/5/2022).

Adapun gaya hidup sustainable living yang dilakukan Iqbaal cukup mudah diikuti, Guys. Bintang 'Dilan' itu selalu membawa tumbler, totebag, sampai memperhatikan pemakaian air.

"Jadi hal-hal kecil yang kulakuin kayak bawa tumbler, bawa totebag untuk groceries, berusaha nggak pakai AC, penggunaan air dimatiin, terus beli baju atau tas di thrift store untuk mengurangi sampah tekstil. Terus juga masak secukupnya, karena di Indonesia termasuk negara yang food waste," jelasnya.

Meski hal yang dilakukannya sederhana, Iqbaal berupaya untuk menjalaninya secara konsisten. Ia pun membagikan rahasianya supaya anak muda lain juga bisa konsisten menjalani gaya hidup sustainable living.

"Selain mindset, buat aku pribadi, coba lakuin semua yang pengen dilakuin mulai dari diri sendiri. Jadi ketika punya mindset itu, nggak ada yang liat pun saya tetap melakukan itu," pungkasnya. 

Dengan cara-cara sederhana, Iqbaal berusaha untuk meminimalisir dampak perubahan iklim. Ia pun berharap anak muda juga melakukan hal yang dan menjadi change maker agar bumi tidak semakin rusak. 

"Aku percaya apa yang kita tanam hari ini aku dan generasiku yang ambil impactnya. Jadi mulai sekecil mungkin untuk berkontribusi meminimalisir climate change. Karena kalau bukan dari generasi muda aku nggak tahu gimana bisa dicegah. Ini bukan sesuatu yang mudah, tidak semua orang berani menyuarakan ini tapi harus dimulai dari diri sendiri. Semoga aku dan platformku bisa setidaknya beri awareness ke yang belum terpapar climate change. Harapanku nggak cuma ter-awareness, tapi juga bisa berkontribusi kecil untuk climate change," tutup Iqbaal.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait