beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Benarkah Masturbasi Meningkatkan Hasrat Seksual?

Benarkah Masturbasi Meningkatkan Hasrat Seksual?
Image: Masturbasi (ilustrasi: AFP)

Jakarta - Kata masturbasi mungkin masih terdengar tabu dan memalukan bagi sebagian orang, padahal sejujurnya merupakan hal wajar. Ilmu pengetahuan mengatakan bahwa aktivitas seksual tersebut bahkan memberi dampak baik untuk kesehatan.

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah masturbasi ini mempengaruhi dorongan seks secara positif atau negatif, atau bahkan bisa meningkatkan hormon seks? Simak beberapa ulasan berikut.

Bukan Pengganti Seks Bersama Pasangan

Dalam jurnal 'Self Pleasure Report' tahun 2019 yang diterbitkan perusahaan sex toys, responden mengatakan masturbasi menempati peringkat kedua setelah berhubungan seksual, sebagai aktivitas untuk menghilangkan stres.

Menurut sebuah artikel yang ditulis pada tahun 2019 juga menuturkan bahwa orgasme ketika masturbasi bisa membuat kita merasa lebih baik karena respon dari oksitosin dan dopamine yang disebut sebagai 'hormon cinta'.

Oleh sebab itu, aktivitas seksual ini sebenarnya bisa meningkatkan gairah seks karena bisa membuatmu lebih rileks dan justru menjadi persiapan yang menyenangkan sebelum berhubungan intim dengan pasangan.

Persiapan Sebelum 'Menyenangkan' Pasangan

Seorang seksolog dan pendidik seks, Megan Stubbs mengatakan bahwa meski telah bersenang-senang dengan diri sendiri melalui masturbasi tidak akan mengurangi gairah untuk berhubungan intim dengan pasangan.

Bahkan sebaliknya, penting untuk memperhatikan apa yang membuatmu semakin berhasrat sebagai persiapan untuk hubungan seks yang lebih baik. Kamu bisa melihat aktivitas seksual tersebut sebagai kesempatan untuk mengkomunikasikan kepada pasangan terkait hal apa yang bisa meningkatkan gairah seksualmu.

Cara Mengeksplorasi Diri

Selain bisa membuat diri merasa lebih baik, masturbasi juga memiliki manfaat penting lain. Sebuah survei di tahun 2011 menunjukkan hubungan antara stimulasi diri pada perempuan dan pengalaman seksualnya menghasilkan citra diri yang lebih positif.

Survei yang sama menunjukkan perempuan yang memandang masturbasi sebagai hal positiF, memiliki pengalaman berhubungan seksual dengan pasangan yang lebih baik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait