beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Berapa Gaji YouTuber 1000 Subscribers? Ini Perhitungannya!

Suci Nabila Azzahra,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Berapa Gaji YouTuber 1000 Subscribers? Ini Perhitungannya!
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Selain menjadi media untuk mencari informasi dan hiburan, YouTube kini menjadi ‘incaran’ banyak orang untuk menambah sumber penghasilan. Bagaimana tidak, sudah tak terhitung lagi para YouTuber yang menikmati kejayaannya sebagai kreator konten berkat video-video yang diunggahnya. 

Bahkan menjadi seorang YouTuber sudah menjadi salah satu impian banyak orang, khususnya Gen-Z. Penghasilan yang didapatkan para kreator konten tersebut datang dari berbagai sumber, mulai dari ads hingga program afiliasi.

Nah, penasaran kan berapa sih Gaji YouTuber 1000 Subscribers? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Perhitungan Gaji Youtuber

Sebelum tahu tentang gaji seorang YouTuber, kamu harus tahu dulu mengenai monetisasi. Untuk bisa monetisasi akun YouTube, seseorang perlu memenuhi persyaratan kelayakan minimum agar dapat bergabung di Program Partner YouTube.

Beberapa syarat video di YouTube bisa dimonetisasi antara lain jumlah pelanggan atau subscribers sudah mencapai minimal 1.000, dan total waktu yang dihabiskan penonton (public watch hours) setidaknya 4.000 jam tayang.

Inti menjadi seorang YouTuber yang dimonetisasi adalah berusaha untuk mendapatkan subscriber sebanyak-banyaknya. Semakin banyak subscriber, artinya semakin banyak pula iklan yang masuk.

Ini artinya, akan semakin besar ‘gaji YouTuber’ yang masuk kantong pembuat konten. Iklan adalah pemasukan paling banyak bagi sebagian besar YouTuber.

Seorang YouTuber dapat menghasilkan pendapatan antara 0,01 dollar AS hingga 0,03 dollar AS per tampilan tayang iklan di video yang diunggah YouTuber tersebut.

Namun, penghasilan dari iklan AdSense tersebut bisa mencapai 0,18 per tayang iklan dalam 1 video. AdsSense adalah produk jaringan periklanan dari Google yang keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor.

Rata-rata seorang YouTuber yang sudah cukup ramai dikunjungi dapat menerima US$ 18 per 1.000 tampilan iklan. Besaran penghasilan YouTuber sama dengan US$ 3-5 per 1000 tampilan video.

Gaji YouTuber bukan hanya berdasarkan jumlah klik pada iklan yang muncul. Namun juga bisa berdasarkan negara, topik video, dan harga iklan atau AdSense itu sendiri.

Misalnya, dengan rumus yang sama, pendapatan yang diterima YouTuber Indonesia lebih rendah dibandingkan YouTuber dari Amerika Serikat, dengan asumsi jumlah penonton dan waktu tayang yang sama.

Selama ini, perhitungan gaji YouTuber bisa dihitung dari salah satunya yakni Cost per Mille atau CPM (biaya per seribu tampilan). Kemudian pendapatan lainnya berasal dari biaya per klik atau pendapatan yang hanya masuk ketika penonton mengklik iklan yang muncul.

Sayangnya, pendapatan dari klik biasanya selalu di bawah pendapatan dari CPM. Ini karena banyak penonton YouTube lebih banyak melewatkan iklan saat menonton video.

Bahkan selain dari pihak Google, pundi-pundi keuntungan bisa didapatkan dari penawaran endorsement produk apabila jumlah subscriber telah mencapai jutaan orang. Itu adalah saat di mana pembuat konten sudah bisa disebut sebagai influencer.

Di YouTube sendiri ada jutaan video baru setiap minggunya. Video-video yang baru diunggah dan video lama ini saling bersaing mendapatkan penonton.

Itu sebabnya, seorang YouTuber profesional biasanya menargetkan untuk mengunggah setidaknya dua sampai tiga konten per minggu, bahkan satu video per harinya.

Seorang YouTuber yang sudah memiliki jutaan subscriber tentu lebih diuntungkan. Karena konten-konten yang dibuatnya lebih mudah tenar dan salurannya mudah ditemukan saat berselancar di internet, terutama untuk para subscriber-nya.

Perhitungan Gaji YouTuber 1000 Subscriber

Kembali pada pertanyaan awal mengenai berapa gaji YouTuber 1000 subscriber, sebenarnya bergantung pada biaya per 1.000 alias cost per mille (CPM). Penghasilan tersebut juga dihitung dari jumlah penontonnya.

CPM adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pihak pengiklan ke YouTube. Pihak pengiklan akan memberikan bayaran setiap 1.000 tampilan iklan yang ditayangkan dari sebuah konten YouTube.

Jika menggunakan rumus revenue per impression atau RPM = (penghasilan/jumlah tampilan halaman) x 1000, maka gaji YouTuber 1.000 subscriber rata-rata adalah berkisar antara Rp 50.000 sampai dengan Rp 100.000 per bulannya. Bisa kurang atau lebih.

Nah itu dia penghasilan YouTuber yang memiliki 1.000 subscriber. Bayangkan jika subscriber itu sudah mencapai jutaan. Kabayangkan berapa penghasilanya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait