menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Butet Kartaredjasa Bakal Gelar Pameran Lukisan Bareng Sahabat

Anisa Kurniasih,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Butet Kartaredjasa Bakal Gelar Pameran Lukisan Bareng Sahabat
Image: istimewa

Jakarta - Seniman Butet Kartaredjasa akan kembali tampil di Jakarta dalam waktu dekat ini.

Namun bukan lewat drama teater nih guys, kali ini Butet justru akan memamerkan karya lukisannya dalam pameran seni rupa bertajuk Lanskap Luar Dalam.

Pameran tersebut akan berlangsung selama satu bulan penuh mulai tanggal 21 November - 21 Desember 2019 di Galeri Tugu Kuntskring Paleis Menteng Jakarta.

Butet juga menggandeng sahabatnya Widiyatno yang juga seorang pelukis loh untuk memamerkan 70 karya cat air yang dikuratori oleh Suwarno Wisetrotomo.

Baca juga: Pameran Perjalanan 1 Dekade Ria Miranda Hadir di Senayan City

Pembukaan pameran pada tanggal 21 November 2019 nanti ternyata bertepatan dengan hari ulang tahun Butet Kertaredjasa yang ke-58 tahun, sehingga pameran tersebut juga sekaligus menjadi hadiah bagi seorang Butet Kartaredjasa.

Persahabatan Butet dan Wid terjalin semenjak keduanya bersekolah di Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRl) yang sekarang berubah nama menjadi Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) di Yogyakarta.

Wid terus menekuni bidang seni rupa, khususnya lukis dan ilustrasi dan memutuskan menetap dan meniti karir di Jakarta.

Sedangkan banyak orang semakin mengenal Butet sebagai aktor teater, namun ia tetap terus berkarya di bidang seni rupa hingga saat ini.

Jarak Jakarta-Yogyakarta juga rupanya tidak merenggangkan persahabatan mereka. Keduanya masih terus berkomunikasi dan bekerja bersama dalam berbagai pekerjaan.

Baca juga: Menyusuri Sejarah Kota Pahlawan dalam Pameran Perjuangan Dwi Tunggal 2019

"Tajuk Lanskap Luar Dalam berbicara mengenai perbedaan cara pandang kami berdua dalam menciptakan suatu karya. Perbedaan keduanya dapat dilihat secara kasat mata dalam karya-karya ini," ujar Butet dalam konferensi pers di jakarta, Senin (18/11/2019).

Lanskap luar direpresentasikan oleh karya-karya dari Widiyatno yang menunjukan kepiawaiannya dalam menangkap suatu bentuk yang dapat menimbulkan naluri estetik dan artistiknya.

Sedangkan Lanskap Dalam direpresentasikan oleh karya-karya dari Butet yang memakai simbol-simbol dalam menyampaikan respon dari apa yang ia lihat dan dengar dari keadaan sekitarnya.

Pameran ini bisa dikunjungi oleh semua umur dan gratis loh guys, jadi buat kalian penikmat seni, bisa langsung aja nih datang ke pameran Lansap Luar Dalam 21 November nanti.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait