Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Cair Hari Ini, Cek Bantuan Kuota Belajar dari Kemendikbud Ristek

Nivita Saldyni,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cair Hari Ini, Cek Bantuan Kuota Belajar dari Kemendikbud Ristek
Image: Ilustrasi belajar online (Pixabay/sweetlouise)

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan bantuan kuota data internet dalam dua tahap pada tahun ini. Bantuan tahap kedua di tahun ini akan diberikan selama tiga bulan, mulai September hingga November.

Bantuan kuota data internet ini akan diberikan kepada pelaku pendidikan untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah pada masa pandemi COVID-19. Adapun penerima bantuan ini di antaranya siswa, guru, mahasiswa, hingga dosen.

Nah pada tahap kedua ini, bantuan kuota internet seluler akan disalurkan kepada para penerima setiap tanggal 11-15 setiap bulannya dan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Artinya, kuota data internet seluler dari Kemendikbud Ristek untuk bulan ini mulai cair pada hari ini, Senin (11/10/2021), guys.

Dilansir situs resmi Kemendikbud Ristek, besaran bantuan kuota internet seluler ini bervariasi dan diberikan sesuai dengan jenjang pendidikannya. Berikut rincian besaran bantuan kuota data internet 2021:
• Peserta Didik Jenjang PAUD: 7 GB / bulan.
• Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 10 GB / bulan.
• Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12 GB / bulan.
• Dosen dan Mahasiswa: 15 GB / bulan.

Nah kuota yang diberikan ini seluruhnya merupakan kuota umum yang bisa kamu gunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo ya. Untuk daftar situs dan aplikasi yang diblokir Kemenkominfo untuk program bantuan ini bisa kamu cek lengkapnya di sini.

Cek Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Ristek

Untuk mengetahui apakah bantuan kuota internet gratis dari Kemendikbud Ristek sudah masuk atau belum, kamu bisa cek langsung dari nomor ponsel yang sudah didaftarkan oleh pimpinan satuan pendidikan. Berikut caranya:

Telkomsel

Untuk kamu pengguna Telkomsel, jika bantuan sudah masuk kamu akan mendapatkan notifikasi dari Telkomsel berupa SMS. Namun kamu juga bisa mengeceknya dengan menghubungi *888# atau dari aplikasi MyTelkomsel.

Indosat

Pengguna Indosat bisa mengecek bantuan kuota internet dari Kemendibud Ristek melalui aplikasi myIM3. Selain itu kamu juga bisa menghubungi nomor USSD *123*075# kemudiam pilih nomor dua atau 'Info'.

XL dan Axis

Pengguna XL dan Axis bisa mengecek kuota bantuan internet ini lewat aplikasi myXL atau AxisNet. Kamu juga bisa mengeceknya dengan menghubungi nomor *123# dari ponsel kamu.

Tri

Nah untuk pengguna Tri, kamu bisa menghubungi nomor USSD *123*10*3# untuk mengetahui status bantuan kuota internetmu. Atau bisa juga mengeceknya lewat aplikasi Bima+.

Cara Daftar Bantuan Kuota Internet untuk yang Bulan Ini Belum Dapat

Dilansir dari Buku Saku Bantuan Paket Kuota Data Internet 2021, untuk Urbanreaders yang belum dapat bantuan karena nomormmu berubah atau bahkan kamu belum menerima batuan paket kuota internet sebelumnya, kamu bisa menerima bantuan di bulan berikutnya guys.

Caranya, kamu harus lapor ke pimpinan satuan pendidikan untuk mendapat bantuan paket kuota. Setelah itu, pimpinan atau operator satuan pendidikan mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor baru atau nomor yang berubah ke sini (untuk jenjang PAUD, dikdas, dan dikmen) atau di sini (untuk jenjang pendidikan tinggi).

Nah, SPTJM bisa diunduh paling lambat tanggal 28 Agustus 2021 untuk bantuan bulan September; tanggal 28 September 2021 untuk bulan Oktober; dan tanggal 28 Oktober 2021 untuk bulan November. Sementara untuk pengunggahannya sendiri paling lambat tanggal 31 Agustus 2021 untuk bulan September; tanggal 30 September 2021 untuk bulan Oktober; dan tanggal 31 Oktober 2021 untuk bulan November.

Itu dia guys cara daftar dan cek bantuan kuota internet tahap dua dari Kemendikbud Ristek. Semoga bermanfaat!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait