beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Cara Membuat GIF WhatsApp Lucu Tanpa Aplikasi

Suci Nabila Azzahra,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Membuat GIF WhatsApp Lucu Tanpa Aplikasi
Image: Ilustrasi - Chat room WhatsApp. (Freepik)

Jakarta - WhatsApp menjadi salah satu platform pesan instan populer yang banyak digunakan pengguna di seluruh dunia. Pada saat sekarang ini, aktivitas chatting di WhatsApp kini sudah bukan lagi sekedar saling berkirim teks atau tulisan. Penggunaan simbol, emoji, hingga gambar bergerak (GIF) kini membuat chatting lebih menarik.

Lalu, apa sih GIF itu dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu GIF di WhatsApp (WA)?

GIF (dibaca Jif) sebuah kepanjangan dari Graphical Interchange Format merupakan format gambar yang ditemukan oleh Steve Wilhite pada tahun 1987. Ia merupakan seorang penulis perangkat lunak di AS yang sedang mencari cara untuk menganimasikan gambar dan ukuran file terkecil.

Singkatnya GIF adalah serangkaian gambar atau video tanpa suara yang akan terus berulang dan tidak mengharuskan siapa pun untuk menekan tombol ‘putar’.

Format GIF ini dulunya hanya populer di situs-situs seperti Tumblr, Buzzfeed, dan Reddit. Namun seiring majunya internet, khususnya platform media sosial, gambar GIF ini semakin populer.

Pada Juli 2015, raksasa teknologi Facebook memperkenalkan mesin pencari GIF pada layanan Messenger-nya dan di tahun 2016, dua tahun setelah Facebook mengakuisisi WhatsApp, dukungan GIF pun turut dihadirkan pada layanan perpesanan tersebut.

File gambar GIF biasanya digunakan di web untuk menampilkan grafik dan logo. Tapi kini GIF bisa digunakan apa saja dan siapa saja untuk saling berkirim pesan dan lainnya.

Bagaimana Cara Membuat GIF Lucu WhatsApp?

Dulu membuat gambar berformat GIF tampaknya hanya untuk orang-orang yang ahli, tapi semakin majunya teknologi memudahkan semua orang untuk melakukan banyak hal termasuk membuat gambar GIF di WhatsApp.

Caranya sangat mudah cukup dengan smartphone perangkat Android maupun iOS, kamu dapat membuat GIF sendiri menggunakan video yang ada di galeri smartphone kamu tanpa pakai aplikasi tambahan ataupun situs pihak ketiga untuk mengconvertnya. Berikut cara membuat gambar GIF WhatsApp di iOS.

1. Buka WhatsApp di smartphone iOS atau Android kamu, lalu buka jendela obrolan orang atau grup yang ingin kamu kirimi GIF buatan sendiri.

2. Di kotak obrolan, klik opsi lampiran dan pilih Galeri. Setelah itu jelajahi galeri kamu dan temukan video yang ingin dijadikan gambar berformat GIF.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait