menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Catat! Pemerintah Bakal Tanggung Ongkos Kirim Belanja di Harbolnas

Shelly Lisdya,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Catat! Pemerintah Bakal Tanggung Ongkos Kirim Belanja di Harbolnas
Image: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Kemenko Perekonomian)

Jakarta - Urbanreaders, ada kabar gembira nih. Ya, nantinya ongkos kirim di hari belanja online nasional (Harbolnas), akan ditanggung pemerintah loh.

Hal tersebut diungkapkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Nantinya, ongkos kirim tidak hanya ditanggung oleh pemerintah, melainkan juga ditanggung oleh platform e-commerce itu sendiri.

Pemerintah nantinya akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar dalam bentuk subsidi ongkos kirim. Tak hanya itu, dalam Harbolnas Ramadan tersebut, platform e-commerce akan diberikan insentif biaya pengiriman khusus untuk produk UMKM lokal. 

"Akan menyiapkan dana sekian, tetapi prioritas utama adalah produk-produk dalam negeri,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, pemerintah telah berkomunikasi dengan beberapa platform e-commerce dan tengah menyiapkan skema paket untuk harbolnas.

"Nantinya platform e-commerce akan menanggung sendiri ongkos kirimnya. Dan dilihat mana yang ditanggung pemerintah dan mana yang ditanggung oleh platform," imbuhnya.

Nah, program gratis ongkos kirim Harbolnas sendiri akan diselenggarakan mendekati Lebaran, yakni H-10 dan H-5.

Ini akan menjadi ajang bagi e-commerce dan para merchant yang mayoritas adalah UMKM.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait