beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Diawali Bacaan Al Hujurat Ayat 13, Piala Dunia Qatar 2022 Resmi Dibuka

William Ciputra,
21 November 2022 22.29.37 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Diawali Bacaan Al Hujurat Ayat 13, Piala Dunia Qatar 2022 Resmi Dibuka
Image: Kemeriahan opening ceremony Piala Dunia Qatar 2022. (Instagram/fifaworldcup)

Jakarta - Piala Dunia Qatar 2022 resmi dibuka pada Minggu (20/11/2022) pukul 21.40 WIB. Opening ceremony yang megah ini digelar di Al Bayt Stadium di Al Khor, Qatar. 

Pesan-pesan cinta dan persatuan sudah terasa sejak awal pembukaan. Bahkan pembukaan ini diawali dengan kutipan ayat suci Al-Quran yaitu Surat Al Hujurat ayat 13. 

Kutipan ayat suci itu dibacakan oleh Ghanim Al Muftah. Ia adalah penyandang disabilitas namun juga seorang penghafal Al-Quran. Ghanim Al Muftah juga menyandang status sebagai Duta Piala Dunia Qatar 2022. 

Awalnya ada dialog antara Ghanim Al Muftah dengan Morgan Freeman. Freeman bertanya kepada Ghanim bagaimana tetap bersatu di tengah perbedaan. Lalu Ghanim pun membacakan ayat suci tersebut. 

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti,” demikian terjemahan ayat tersebut. 

Acara berikutnya dilanjutkan dengan penampilan Tari Adhar, yaitu tari pedang khas Qatar. Penonton kemudian disuguhkan dengan kemunculan maskot dan soundtrack Piala Dunia dari masa ke masa. 

Setelah maskot dan soundtrack Piala Dunia terdahulu tampil, giliran maskot Piala Dunia 2022 yang bernama Laeeb pun muncul. Kemunculannya diiringi dengan penampilan Jungkook BTS yang membawakan lagu ‘Dreamers’. 

Jungkook tampil dengan mengenakan atasan dan bawahan berwarna hitam lengkap dengan sepatu boots dengan warna senada. Tampak pula penari pengiring dengan jumlah besar yang mengenakan kostum dominan putih. 

Di tengah penampilan Jungkook, muncul penyanyi Qatar Fahad Al Kubaisi yang mengenakan kostum tradisional Qatar berwarna abu-abu. Keduanya juga sempat saling ‘tos rispek’ di atas panggung. 

Berikutnya, penonton disuguhi pemutaran video yang mengisahkan bagaimana sepakbola berkembang di Qatar, yang juga menjadi simbol saling menghormati sesama bangsa. 

Emir Qatar Sheikh Tamim al Thani lalu tampak menandatangani kaos kebanggaan Qatar bersama dengan sang ayah. Sejauh

“Dari Qatar, dari negara Arab, kami menyambut kalian semua pada Piala Dunia 2022,” kata Syaikh Tamim mengawali pidatonya dalam bahasa Arab.

Sejumlah pemimpin dunia tampak duduk berjejer di belakang Syekh Tamim, mulai dari Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, Presiden FIFA Gianni Infantino, dan sebagainya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait