beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Digelar 7 Hari, Begini Keseruan Aceh Ramadhan Festival 2022

William Ciputra,
3 Juni 2022 18.08.57 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Digelar 7 Hari, Begini Keseruan Aceh Ramadhan Festival 2022
Image: Aceh Ramadhan Festival 2022. (Istimewa)

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kembali menggelar Aceh Ramadhan Festival 2022. Acara yang kental dengan nuansa bulan suci itu merupakan bagian dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2022. 

Aceh Ramadhan Festival digelar selama tujuh hari berturut-turut di Taman Seni dan Budaya, Banda Aceh. Di dalamnya diperkenalkan keunikan, kreatifitas, tradisi budaya otentik masyarakat lokal yang syarat dengan nilai-nilai syariat di bulan penuh keberkahan. Selain itu juga ada acara lain seperti Pesantren Kilat, Kajian Islami, Khanduri Ramadhan, Kelas Kreatif, maupun Penampilan Seni dan Budaya.

Aceh Ramadhan Festival 2022 turut membangkitkan geliat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Aceh, sekaligus jadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia. Setidaknya 40 UMKM meramaikan festival ini, mulai dari ragam kuliner khas Aceh, makanan kering, minuman, kain khas Indonesia, hingga kerajinan tangan karya warga lokal. 

Keikutsertaan UMKM di Acah Ramadhan Festival 2022 juga menjadi salah satu wadah untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Aceh Ramadhan Festival bukan sekadar festival biasa. Acara ini juga terselenggara karena peran anak muda dengan adanya Creative Hub, yang menjadi ruang bagi anak muda menyalurkan kreatifitas selama acara berlangsung mulai dari seni mural hingga musik.

1654168031-creative-hub.jpegSumber: Creative Hub di Aceh Ramadhan Festival 2022. (Istimewa)

Lekat dengan suasana Ramadhan, pesantren kilat di Desa Wisata Gampong Nusa kian menambah keseruan Aceh Ramadhan Festival 2022. Santri pesantren kilat berkesempatan menjalani rangkaian ibadah Ramadhan mulai dari berpuasa, buka bersama, shalat tarawih berjamaah hingga mengikuti kajian.

Sebagai penyempurna festival, panitia juga menggelar perlombaan, mulai dari lomba adzan, peh tem sahur, tahfiz, pidato dai dan lomba foto instagram dan video bagi content creator.

Sebagai informasi, Aceh Ramadhan Festival merupakan festival rutin Ramadhan sejak 2019 silam. Festival ini tidak hanya menjadi acara rutin namun diharapkan sebagai jembatan Indonesia menjadi kiblat wisata halal.

Keseruan Aceh Ramadhan Festival 2021 kini dapat disaksikan di Channel Youtube Kemenparekraf RI  dengan di pandu influencer berbakat Chiki Fawzi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait