menu
user
URsport

Dinamo Zagreb: Pelatih Dipenjara, tapi Bisa Singkirkan Tottenham

Rezki Maulana,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dinamo Zagreb: Pelatih Dipenjara, tapi Bisa Singkirkan Tottenham
Image: Dinamo Zagreb mantap betul, singkirkan Tottenham. (Twitter @EuropaLeague)

Zagreb - Dinamo Zagreb membuat tajuk utama media-media Eropa pekan ini ketika berhasil menyingkirkan Tottenham Hotspur. Tak hanya mengejar defisit gol, Dinamo baru ditinggal pelatihnya yang dipenjara.

Dinamo membawa modal kekalahan 0-2 dari lawatannya ke Tottenham Hotspur Stadium pekan lalu pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, saat gantian menjamu di Stadion Maksimir, Jumat (19/3/2021) dini hari WIB.

Mencetak tiga gol tanpa balas menghadapi tim seperti Tottenham tidaklah mudah karena dipenuhi pemain berpengalaman, plus sosok Jose Mourinho. Apalagi Dinamo baru saja dilanda kabar buruk awal pekan kemarin.

Tepatnya Selasa (16/3/2021), pelatih Zoran Mamic mengundurkan diri setelah divonis penjara empat tahun delapan bulan karena diduga melakukan penggelapan uang dan pajak, terkait transfer pemain selama menangani tim.

Hukuman itu lebih ringan dari yang seharusnya selama enam tahun. Bahkan tak hanya Mamic, tapi beberapa petinggi klub seperti mantan direktur eksekutif Dinamo sekaligus kakak Mamic, Zdravko, mantan pegawai kantor pajak Kroasia Milan Pernar, dan mantan direktur Dinamo Damir Vrbanovic juga ditangkap.

Alhasil, Dinamo harus melakukan pergantian pelatih dalam tempo dua hari menuju laga kontra Tottenham. Penggantinya adalah Damir Krznar yang pernah melatih tim junior Dinamo.

Krznar memang diragukan tapi mampu menjawabnya dengan manis ketika Dinamo tampil prima sejak menit awal. Setelah berimbang 0-0 di babak pertama, Mislav Orsic membuka keunggulan timnya di menit ke-62 sebelum membuat agregat sama 2-2 di menit ke-86.

Orsic jadi mimpi buruk Tottenham saat mencetak hat-trick pada babak kedua extra time, tepatnya di menit ke-106 yang meluluhlantakkan tim tamu. Upaya tim tamu mengejar di sisa laga tidak berhasil dan Dinamo berhasil lolos ke perempatfinal dengan kemenangan agregat 3-2.

Belum pernah ada tim yang berhasil menyingkirkan Mourinho secepat ini di Liga Europa dan ini tentu jadi catatan buruk dalam karier pelatih asal Portugal. Kini Dinamo pun akan coba melanjutkan sensasi itu di babak selanjutnya.

Dinamo akan bertemu Villarreal yang sebelumnya menyingkirkan Dynamo Kiev dengan agregat total 4-0.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait