Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Diperingati 12 November, Yuk! Mengenal Sejarah Hari Ayah di Indonesia

Nivita Saldyni,
sekitar 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Diperingati 12 November, Yuk! Mengenal Sejarah Hari Ayah di Indonesia
Image: Sahabat Keluarga Kemendikbud

Jakarta - Guys, tahu nggak sih kalau hari ini adalah peringatan Hari Ayah Nasional? Yap, Hari Ayah Nasional di Indonesia diperingati pada 12 November setiap tahunnya.

Merujuk pada Sahabat Keluarga Kemendikbud, ada cerita menarik di balik Hari Ayah Nasional. Hari Ayah Nasional ternyata lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada 2014.

Saat itu, PPIP tengah mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu dalam rangka memperingati Hari Ibu di Solo. Antusias masyarakat pun cukup baik, ada sekitar 70 surat terbaik yang akhirnya dibukukan.

Sebagian surat terbaik itu bahkan dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan umum. Suasana semakin haru ketika anak-anak yatim piatu sungkem kepada ibu-ibu dari Panti Jompo.

Namun pertanyaan tiba-tiba muncul dari para peserta yang hadir. Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Sebab para peserta juga ingin memberikan surat untuk ayah mereka masing-masing.

Pertanyaan itu lantas membuat PPIP tergugah hatinya. Mereka kemudian mencari informasi tentang hari ayah, hingga audiensi ke DPRD Kota Surakarta. Mereka menanyakan, kapan hari ayah di Indonesia dan jika belum ada penetapan hari Ayah, bolehkan seseorang atau lembaga menetapkan sebuah hari yang dijadikan sebagai Hari Ayah?

Sayangnya saat itu tak PPIP belum mengantongi jawabannya. Hingga akhirnya, setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Solo pada 12 November 2016. Saat itu mereka menggabungkan deklarasi dengan Hari Kesehatan dan mengambil semboyan 'Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.

Di hari dan jam yang sama, deklarasi Hari Ayah juga disuarakan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diselesi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Buku dan piagam deklarasi itupun dikirimkan ke Presiden  RI saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Mereka juga mengirimkannya ke bupati di empat penjuru Indonesia loh. Mulai Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Setelah itulah, setiap tanggal 12 November masyarakat Indonesia mulai memperingati Hari Ayah Nasional. Sekali lagi, selamat Hari Ayah!

Nah, kalau Urbanreaders, sudah mengucapkan Selamat Hari Ayah untuk Ayah kalian belum hari ini?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait