beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Diperingati Setiap 9 September, Ini Sejarah Hari Olahraga Nasional

Elya Berliana Prastiti,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Diperingati Setiap 9 September, Ini Sejarah Hari Olahraga Nasional
Image: Logo Hari Olahraga Nasional 2022. (Foto: Dok. Kemenpora)

Jakarta - Hari Olahraga Nasional (Haornas) selalu diperingati setiap tahun pada tanggal 9 September. Penetapan Haornas ini berdasarkan tanggal penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Stadion Sriwedari. 

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Awal dicetusnya Hari Olahraga Nasional ini karena diselenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada 9 – 12 September 1948 di Kota Surakarta yang saat ini dikenal dengan Solo, Jawa Tengah. Tujuannya untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air.

Diketahui, pada tahun 1948 atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV di London, Inggris, karena kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia yang saat itu belum mendapat pengakuan oleh dunia. Bahkan, paspor Indonesia pun belum diakui Pemerintah Inggris.

Mereka bisa berpartisipasi dalam ajang kompetisi tersebut apabila menggunakan paspor Belanda. Namun, Putra/Putri Tanah Air hanya ingin hadir sebagai perwakilan Indonesia. 

Karena penolakan tersebut, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional (PON). Hal ini menjadi bukti untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa saat itu bangsa Indonesia mampu mengadakan acara olahraga dengan skala nasional.  

Saat itu, PON I disambut antusias oleh para atlet Indonesia. Terbukti dengan banyaknya atlet Indonesia sebanyak 600 atlet mengikuti kompetisi PON dan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk memperebutkan 108 medali. 

Oleh karena itu, tanggal 9 September menjadi pembukaan ajang olahraga PON, sekaligus ditetapkannya sebagai Hari Olahraga Nasional. 

Tema Hari Olahraga Nasional 2022

Melansir dari laman resmi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), tahun ini Hari Olahraga Nasional 2022 mengusung tema “Bersama Cetak Juara”.

“Terkait temanya ini, artinya adalah kelanjutan dari semangat kita untuk mendorong Desain Besar Olahraga Nasional (DBON),” kata Menpora Amali, mengutip laman resmi Menpora, Jumat (9/9/22).

Menpora mengatakan, tahun ini menjadi sebuah kemajuan karena sebelumnya dilaksanakan di Jakarta dengan ruang tertutup. Namun, di tahun 2022 ini bisa digelar di Stadion Batakan (outdoor) dan masyarakat pun dapat turut memeriahkan.

Tema yang diusung Menpora terdapat juga pada desain logo Hari Olahraga Nasional 2022. Adapun filosofinya adalah: 

1. Berbagai paduan warna merupakan simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022. 

2. Gambar Sayap Garuda merupakan ikon Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tempat pelaksanaan puncak acara Haornas tahun 2022.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait