Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Ditetapkan Jadi Kawasan Geopark Nasional, Ini Kekayaan yang Dimiliki Natuna

Anita F. Nasution,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ditetapkan Jadi Kawasan Geopark Nasional, Ini Kekayaan yang Dimiliki Natuna
Image: Kepulauan Natuna. (Pixabay)

Jakarta - Natuna, perairan Kepulauan yang berada di Selat Karimata ini menyimpan banyak potensi sumber daya perikanan, urbanreaders.

Besarnya sumber daya perikanan yang tersimpan di Natuna bahkan kerap mengundang kapal-kapal nelayan asing untuk masuk ke Natuna.

Ada banyak jenis spesies biota laut dengan jumlah puluhan ribu ton yang berada di Natuna.

Nah, beberapa jenis biota laut yang ada di Natuna mulai dari ikan Pelagis Kecil, ikan Pelagis Besar, ikan Demersal, udang Penaeid, Cumi-cumi, ikan Karang, Rajungan, Kepiting sampai Lobster.

Baca juga: Gaduh Kasus Natuna, Gimana Sih Aturan ZEE dalam UNCLOS 1982?

Dengan potensi ikan laut yang mencapai 504.000 ton per tahunnya, berdasarkan data dari Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna, volume perikanan tangkap di Natuna sampai september 2019 mencapai 19.3 juta ton dengan nilai Rp. 1.18 milyar.

Selain potensi perikanan, ternyata Natuna juga menyimpan sejumlah potensi dan sumber kekayaan lainnya guys, yaitu sebagai sumber minyak dan gas bumi.

Dimana Natuna menyimpan cadangan gas sebanyak 46 triliun standar kaki kubik dan menghasilkan total produksi sebanyak 490 juta standar kaki kubik per hari.

Serta diperkirakan menyimpan cadangan minyak bumi sebanyak 36 juta barel dengan total produksi 25.000 barel per hari.

Baca juga: Kunjungi Natuna, Jokowi Sebut Tak Ada Kapal Asing Langgar Teritorial Indonesia

Yup, besarnya potensi dan sumber yang dimiliki Natuna kini menjadikan Natuna sebagai Kawasan Geopark Nasional nih urbanreaders.

Memiliki luas kawasan Konservasi Perairan Daerah Natuna seluas 152.223,97 ha menjadikan Natuna sebagai titik simpul pelayaran internasional guys.

Dimana Natuna menghubungkan sejumlah pelayaran seperti Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dengan negara-negara lainnya.

text Potensi Natuna. (Antara)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait