Hot News

New York - Dominic Thiem berhasil menjuarai AS Terbuka 2020 usai mengalahkan Alexander Zverev. Thiem pun tak lagi cuma jadi pecundang di final Grand Slam.

Pada laga final yang dihelat di Arthur Ashe Stadium, New York, Senin (14/9/2020) dini hari WIb, Thiem melaju ke final grand slam keempat dalam kariernya. Dalam tiga final sebelumnya, Thiem selalu kalah.

Thiem kalah dua kali dari Rafael Nadal di Prancis Terbuka 2018 dan 2019, serta dari Novak Djokovic di Australia Terbuka awal tahun ini. nMenghadapi Zverev, jalan Thiem meraih kemenangan tidaklah mudah.

Bahkan Thiem harus tertinggal di dua set awal. Zverev unggul 6-2 sebelum meraih kemenangan 6-4 di set kedua. Nah, hanya butuh satu kemenangan lagi untuk mengunci partai final ini, Zverev malah takluk 4-6 di set ketiga.

Kemenangan di set ketiga itu membuat Thiem bangkit untuk kemudian menang 6-3 di set keempat. Duel semakin sengit di set kelima ketika Thiem dalam posisi unggul 6-5.

Tapi, Zverev tak menyerah untuk menyamakan skor jadi 6-6 dan harus lanjut ke tie break. Thiem akhirnya menyudahi dengan kemenangan 8-6 di tie break sekaligus menutup set kelima dengan skor 7-6.

Thiem pun bisa merayakan gelar grand slam pertama dalam kariernya sekaligus jadi petenis Austria pertama yang mampu meraihnya. Dia jadi petenis pertama yang menjuarai AS Terbuka setelah tertinggal dua set dalam 72 tahun terakhir!

Sebelumnya ada Ted Schroeder yang melakukannya pada 1949. Thiem juga jadi petenis pertama yang memenangi grand slam di luar tiga raksasa, Roger Federer, Rafael Nadal, dan Novak Djokovic, sejak 2016.

"Saya mencapai tujuan hidup, impian yang sudah saya pegang selama bertahun-tahun lamanya," tutur Thiem di Guardian.

"Pada dasarnya, saya mendedikasikan hidup saya sampai di titik ini, meraih satu dari gelar juara mayor (Grand Slam)," sambungnya

"Sekarang saya melakukannya. Hal itu bagi saya juga menjadi pencapaian yang luar biasa," tutup petenis nomor tiga dunia itu.

Selamat, Thiem!


Loading ..