beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

DPRD DKI Umumkan Pemberhentian Anies-Riza sebagai Gubernur dan Wagub Jakarta

William Ciputra,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
DPRD DKI Umumkan Pemberhentian Anies-Riza sebagai Gubernur dan Wagub Jakarta
Image: Rapat Paripurna pemberhentian Anies dan Riza sebagai Gubernur-Wagub DKI, Selasa (13/9/2022). (ANTARA)

Jakarta - DPRD DKI mengumumkan pemberhentian Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria dari jabatan mereka sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. 

Pemberhentian itu diumumkan langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022). 

“Rapat Paripurna hari ini adalah salah satu proses kelengkapan administrasi pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2022,” kata Prasetio Edi, Selasa. 

Setelah pengumuman disampaikan, Pimpinan DPRD DKI kemudian menandatangani berita acara Rapat Paripurna tersebut. Pimpinan yang menandatangani adalah Prasetio Edi bersama tiga wakil ketua, yaitu Zita Anjani, Rani Mauliani, dan Khoirudin. 

Sementara itu, Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria menyaksikan secara langsung penandatanganan berita acara pemberhentian mereka tersebut. 

Adapun pemberhentian ini berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Di dalamnya diatur bahwa pemberhentian kepala daerah dan wakilnya diumumkan oleh Pimpinan DPRD melalui Rapat Paripurna. 

Anies dan Riza dijadwalkan selesai masa jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI pada 16 Oktober 2022 mendatang. 

Sejauh ini, DPRD DKI telah menerima surat dari Kemendagri tentang usul pemberhentian Anies dan Riza. DPRD DKI sejak 30 Agustus 2022 telah menetapkan hari ini sebagai pengumuman pemberhentian Anies dan Riza tersebut. 

“Kami atas nama pimpinan dan anggota DPRD DKI Jakarta mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama memimpin Provinsi DKI Jakarta menjadi lebih baik,” tutur Prasetio. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait