Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Efek Drama 'Hospital Playlist', Donor Organ di Korsel Meningkat

Griska Laras,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Efek Drama 'Hospital Playlist', Donor Organ di Korsel Meningkat
Image: Hospital Playlist 2/tvN

Jakarta - Siapa sangka drama Korea (drakor) bisa memiliki pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan?

Belum lama ini organisasi donor organ di Korea Selatan, Sarangi Organ Donation, menulis rasa syukur lantaran banyaknya orang yang mendaftar sebagai anggota.

Perwakilan organisasi menyebut sebagian besar calon pendonor terinspirasi dari drama medis 'Hospital Playlist 2' yang sedang tayang.  

"Mereka mengatakan, 'Lewat Hospital Playlist 2, saya mengerti bahwa donor organ bisa membantu banyak jiwa dan berpengaruh dengan keluarga mereka'. Ada juga yang mengatakan, 'Saya membuat keputusan setelah menonton Hospital Playlist 2'," ungkap perwakilan Sarangi Organ Donation seperti dilansir SportChosun, Kamis (26/8/2021).  

Sebagai informasi, 'Hospital Playlist' mengisahkan kehidupan 5 dokter bedah di rumah sakit Yulje dan interaksi mereka dengan pasien.  Musim kedua drama ini tayang perdana pada 17 Juni 2021.

'Hospital Playlist' membawa pesan akan pentingnya donor organ bagi orang lain di episode ketiga, dengan menceritakan dua orang ibu yang menantikan transplantasi jantung untuk anaknya.

Drama besutan sutradara Shin Won Ho itu kembali menyinggung soal donor organ di episode ketujuh.

Dalam adegan itu, seorang staf keamanan RS Yulje harus memutuskan untuk mendonorkan organ ibunya yang didiagnosa mati otak. Sementara di sisi lain, dia baru saja bertemu dengan sang ibu setelah berpisah puluhan tahun.

Seminggu setelah episode tujuh tayang, National Organ Organization and Blood Management Institute mencatat ada sekitar 7.042 orang yang mendaftar sebagai pendonor organ.

Tak hanya itu, organisasi juga mencatat 16.231 orang yang mendaftar sebagai pendonor organ dari Juli-Agustus.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait