menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Enam Klub Inggris Sepakat Mundur dari European Super League

Rezki Maulana,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Enam Klub Inggris Sepakat Mundur dari European Super League
Image: Klub Inggris mundur dari European Super League (twitter @premierleague)

 

London - Resistensi kepada proyek European Super League makin tak terbendung. Alhasil, keenam tim Inggris memutuskan mundur dari Liga Super itu.

Dari 12 tim pendiri Euopean Super League, ada enam tim besar Inggris di sana yakni Liverpool, Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Keenam tim itu menginisiasi kompetisi yang akan diikuti 20 klub dan digadang-gadang sebagai ajang tandingan Liga Champions. Para peserta mendapat total dana segar hingga Rp 6 triliun serta tidak ada promosi serta degradasi.

Baca Juga: Presiden FIFA Ultimatum Klub European Super League 

Kompetisi ini disebut jadi penyela at keuangan klub-klub besar itu di tengah pandemi virus corona. Tapi, belum juga berjalan, kompetisi tersebut mendapat tentangan dari banyak pihak, terutama suporter, pemain, dan federasi.

Gelombang protes lantas makin deras dua hari setelah pengumuman European Super League. Kondisi ini membuat klub-klub Inggris itu tidak nyaman dan kemudian memutuskan untuk mundur dari kompetisi tersebut.

Diawali Manchester City, Liverpool, Manchester United, Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Chelsea mengumumkan penarikan diri masing-masing setelah mendengar masukan dari berbagai pihak. Ini semua dilakukan demi kepentingan sepakbola secara umum.

"Manchester City Football Club dapat mengonfirmasi bahwa mereka telah secara resmi memberlakukan prosedur untuk mundur dari grup yang mengembangkan rencana European Super League," begitu isi pernyataan resmi Man City.

Baca Juga: Asal Usul European Super League, Liga yang Tak Diinginkan

Klub-klub tersebut meminta maaf kepada suporter karena telah melakukan kesalahan besar ikut European Super League. Chelsea jadi tim terakhir yang mengundurkan diri.

"Seperti yang diberitakan malam ini, Chelsea Football Club bisa mengonfirmasi bahwa klub sudah memulai proses penarikan diri dari European Super League," ujar pernyataan resmi klub.

"Setelah bergabung dengan liga itu pekan lalu, kini kami punya banyak waktu untuk mempertimbangkan secara matang dan memutuskan bahwa keikutsertaan kami di sana tidak sesuai dengan keinginan klub, suporter, dan komunitas sepakbola di seluruh dunia."

Setelah klub Inggris, dikabarkan duo Italia, Inter Milan dan AC Milan juga akan mundur dari kompetisi tersebut.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait