Hot News
URtrending

Enggak Cuma Akuntansi, Jurusan Ini Ternyata Juga Menjanjikan di BIdang Keuangan, lho!

Urbanasia,
14 Februari 2019
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Enggak Cuma Akuntansi, Jurusan Ini Ternyata Juga Menjanjikan di BIdang Keuangan, lho!
Image: Tak hanya menjadi akuntan atau konsutan, untuk mengatasi masalah keuangan kita bisa memilih jurusan Aktuaria. (Image: www.howtobecome.com)

Urban Asia - Aktuaria? Wah, apa tuh?Jurusan yang satu ini pasti cukup asing di telinga kalian. Memang, jika dibandingkan dengan jurusan macam manajemen, kedokteran, akuntansi, matematika, biologi, fisika, kimia atau lainnya, jurusan ini cenderung tidak pernah tersebutkan namanya. Padahal, jurusan ini sudah populer di luar negeri, lho. Baca Juga: Mau Melamar Pasangan Ketika Valentine? Ini 3 Ide Lamaran Unik yang Juga RomantisMemang ada gitu? Ada lho, ternyata! Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di Indonesia menyediakan jurusan ini. Sebut saja Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI), Intitut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) hingga Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).Pendidikan Aktuaria ini mempelajari soal pengelolaan resiko keuangan di masa depan. Baca Juga: Termasuk Nasionalis Gadungan, Ini 3 Orasi Grace Natalie yang Bikin KontroversiSeorang aktuaris harus ahli dalam mengaplikasikan teori matematika, probabilita dan statistika yang ditambah dengan ilmu ekonomi dan keuangan.

Ilmunya memang dipakai untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis yang berhubungan dengan resiko, guys.Pekerjaan seorang aktuaris harus bisa menyelesaikan problem dalam dunia keuangan dan bisnis. (Image: www.wineverygame.com) Masalah bisnis yang ada akan dihubungkan dengan peristiwa yang mungkin terjadi di masa depan, kapan peristiwa itu terjadi dan berapa jumlah dana yang perlu disisihkan untuk mengatasi biaya yang muncul jika peristiwa itu terjadi. Terdengar menantang sekali, bukan? Banyak sumber menyatakan kebutuhan akan tenaga aktuaris di Indonesia ini sangat tinggi karena masih sedikitnya aktuaris professional yang tersedia. Baca Juga: Tips Memilih Warna Terbaik untuk Kamar TidurmuSaking dibutuhkannya, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Menurut Kemenristekdikti, jurusan ini sangat relevan dengan perkembangan revolusi 4.0 seperti saat ini dimana ekonomi digital semakin berkembang. Sehingga sangat perlu adanya pengelolaan risiko keuangan yang juga mengalami perubahan pesat. Nanti kerjanya jadi apa? Baca Juga: Mulai dari Emas Hingga Merah, Warna-warna ini Penuhi New York Fashion Week 2019Aktuaris kebanyakan bekerja dalam bidang keuangan, asuransi, bank, investasi, pasar modal, program keamanan sosial. Bisa juga dalam bidang analisis data yang memerlukan analisis resiko bisnis. Dengan tanggungjawab yang cukup berat ini, maka tidak heran gaji yang didapat juga cukup besar. Dari info salaryexpert .com, untuk aktuaris pemula saja mampu mencapai gaji rata-rata 311 juta per tahun atau 25 hingga 26 juta per bulan. Baca Juga: Warna Selain Merah yang Bisa Kamu Gunakan di Hari ValentineGimana kalau sudah senior dan punya banyak sertifikasi ya? Dengan prospek kerja yang menjanjikan dan gaji yang tinggi. Ditambah dengan masih sepinya peminat jurusan ini, harusnya ini adalah kesempatan emas bagi kalian para calon mahasiswa untuk mulai memantapkan diri memilih jurusan ini, nih.(*)

Penulis: Nunung Nasikhah (Kontributor Malang)

Komentar

Loading ..