beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Jejak Karier Omas di Dunia Hiburan: dari Lenong hingga Sinetron

Anisa Kurniasih, 17 Juli 2020 15.52.28
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jejak Karier Omas di Dunia Hiburan: dari Lenong hingga Sinetron
Image: Omaswati dalam kenangan (@omaswatireal/Instagram)

Jakarta - Kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air, Seniwati asal Betawi Omaswati yang kerap disapa Omas meninggal dunia pada Kamis (16/7/2020).

Adik dari pelawak Mandra ini menghembuskan napas terakhir di usia 54 tahun di rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok akibat penyakit diabetes.

Sebagai seniman asal Betawi, wanita yang bernama lengkap Omaswati ini lahir di Jakarta pada 3 Mei 1966 silam. Ia dikenal masyarakat Indonesia melalui perannya yang selalu jenaka dengan  gaya bicara ceplas-ceplos dan ekspresi wajah yang khas, saat tampil di berbagai acara televisi maupun lenong.

Karier saudari kandung seniman Mandra dan Mastur diawali kala terlibat dalam kesenian tradisional Betawi, Lenong, sejak umur 7 tahun pada 1973 karena keluarganya juga seniman.

Dirinya memulai karier di dunia hiburan Indonesia dari lenong.  Nah, salah satu kelompok lenong yang pernah diikuti adalah Sinar Baru pimpinan adiknya, Mastur.

Baca Juga: Mbah Lindu, Penjual Gudeg Legendaris di Yogyakarta Meninggal Dunia

Omas juga pernah tampil di acara lenong salah satu stasiun televisi swasta, 'Lenong Abang None' bersama Mpok Atiek, Malih, Yurike P dan Tata Dado. Kemudian, untuk memperluas pengetahuan di dunia seni Betawi, dia kerap meminta saran kepada senior-seniornya termasuk mendiang Mpok Nori.

Nama Omas akhirnya semakin populer ketika membintangi sinetron berjudul Matahariku dan berperan sebagai dirinya sendiri. selain itu, beberapa sinetron yang pernah dibintangi Omas adalah Jodoh Apa Bodoh, Insyaf, Matahariku, Upik Abu dan Laura, Cinta Fitri, Akibat Pernikahan Dini, Anak-anak Manusia dan Fatih di Kampung Jawara.

Selain berkarier di dunia akting, Omas juga diketahui mendirikan sanggar kesenian asli Betawi yang dinamakan PANGSI (Pelestarian Sanggar Seni Budaya Betawi) di Depok.

Soal kehidupan pribadi, Omas pernah menikah dengan Madi Pribadi pada 1995 dan bercerai pada 2002. Ia memiliki tiga orang anak, Muhammad Rizky Dioambiah, Dimas Aji Septian dan Dinda Olivia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait