beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Es Krim Mahal Tak Bisa Meleleh Hebohkan Netizen Cina

Ika Virginaputri,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Es Krim Mahal Tak Bisa Meleleh Hebohkan Netizen Cina
Image: Es krim Zhong Xue Gao (Foto: SCMP)

Jakarta - Media sosial di Cina baru-baru ini ramai dipenuhi perbincangan netizen soal brand es krim, Zhong Xue Gao atau Chicecream.

Dalam sebuah video terlihat bahwa es krim mahal ini tak bisa meleleh, bahkan di bawah semburan panas sekalipun. Tak ayal netizen mempertanyakan keamanan produk yang diklaim sebagai Hermes-nya es krim ini. Mereka khawatir ada penggunaan bahan kimia tertentu untuk membuat es krim semakin tebal.

Menjawab kecemasan netizen, pihak produsen pun angkat bicara. Lewat media sosial khas Cina, Weibo, perusahaan es krim Zhong Xue Gao mengatakan bahwa kualitas produk mereka sudah sesuai dengan standar yang diterapkan pemerintah.

"Bahan utama es krim rasa Salt Coconut (yang terlihat di video viral) adalah susu (35,8 persen), krim ringan (19,2 persen), santan (11,2 persen), pemanis susu kondensasi (7,4 persen) dan susu bubuk (6 persen)," tulis pihak perusahaan, Rabu (6/7/2022).  

Lewat pernyataan tersebut, diketahui perusahaan juga menambahkan karagenan sebagai bahan yang menstabilkan kandungan susu ke dalam adonan es krimnya. Karagenan adalah produk hasil olahan rumput laut yang biasa dipakai untuk produk makanan, obat dan kosmetik.

Menurut customer service, produk Zhong Xue Gao bakal meleleh dalam kisaran 3-5 menit. Hal itu mereka ungkapkan sebagai respons untuk menanggapi protes netizen di media sosial sesaat setelah video viral.

Namun di video lain ada juga yang memperlihatkan es krim ini tetap nggak meleleh saat ditaruh di ruangan bersuhu 31 derajat celcius selama hampir 1 jam.

1657271001-EsKrim.jpgSumber: tes es krim Zhong Xue Gao (Foto: Baidu)

Es krim Zhong Xue Gao memang sering terlibat kontroversi setelah peluncuran perdananya di tahun 2018. Selain soal produk awet nggak meleleh, netizen Cina yang saat ini sedang mengalami musim panas juga memprotes harganya kelewat mahal.

Untuk es krim batangan Zhong Xue Gao dijual seharga 20 yuan (sekitar Rp 45 ribu). Padahal harga produk sejenis rata-rata hanya 10 yuan saja. Bahkan untuk beberapa varian premiumnya, Zhong Xue Gao membanderol harga 70 yuan (sekitar Rp 156 ribu). Wah, jadi penasaran pingin icip ya, Guys?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait