beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Festival Band Pelajar Fasilitasi Bakat Musik Milenial Banyuwangi

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Festival Band Pelajar Fasilitasi Bakat Musik Milenial Banyuwangi
Image: Festival Band Pelajar Banyuwangi (Foto: Antara)

Banyuwangi - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menggelar kompetisi musik bagi milenial yang dikemas dalam Festival Band Pelajar 2022, pada Minggu (17/7) malam.

Kompetisi musik milenial yang berlangsung di Terminal Pariwisata Terpadu Sobo, ini diikuti 16 grup band remaja, mulai dari SMP/MTs, SMA/SMK/MA, hingga perguruan tinggi. Ribuan penonton antusias menyaksikan para finalis band pelajar dan festival ini juga diikuti grup band dari Surabaya.

"Banyuwangi memang memiliki perhatian khusus pada generasi muda, baik untuk mengasah kemandirian maupun kreativitasnya. Ada beberapa ajang, salah satunya festival band pelajar ini untuk menunjukkan bakat dan kemampuan musikalitas para pelajar," kata Bupati Ipuk, dikutip Antara.

Ia memotivasi para pemusik muda itu untuk terus berkarya, salah satunya dengan memanfaatkan berbagai platform sosial media, seperti youtube, spotify, maupun tik-tok.

"Untuk unjuk kemampuan, kini jalannya makin terbuka lebar. Sekarang itu bermusik tidak harus masuk studio rekaman, manfaatkan platform yang ada. Panggung ini adalah salah satu cara untuk kalian tampil eksis, kami live-kan juga," ujar Ipuk.

Ipuk mengatakan, Banyuwangi sengaja memberikan ruang yang luas bagi pemuda untuk berkreasi sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas dan bakat mereka. Tidak hanya ajang musik, Banyuwangi juga punya acara fesyen bagi pelajar SMK, pameran inovasi teknologi pelajar bagi penggemar sains, hingga berbagai kegiatan seni budaya sepanjang tahun yang menampilkan anak anak muda daerah.

"Pekan ini juga kami baru saja menggelar Banyuwangi Fashion Festival, di mana desain-desain apik karya anak SMK kami tampilkan di sebuah panggung dan mendapat sambutan hangat. Kami terus memberikan panggung bagi mereka untuk dapat memupuk kepercayaan diri dan memperkaya pengalaman. Karena generasi inilah yang akan mewarnai Indonesia ke depan," ujarnya.

Salah satu band pelajar yang tampil semalam adalah Ganesha Band, perwakilan SMAN 1 Glagah. Grup band tersebut berhasil menyabet juara 2 tingkat SMA/SMK/MA.

"Kami senang karena ajang-ajang untuk anak muda mulai digelar kembali. Senang bisa dikasih kesempatan untuk tampil dengan yang lain. Menang atau kalah, yang paling utama adalah kami terus diberi panggung," kata Laili, vokalis Ganesha Band.

Senada juga disampaikan Farhan, salah satu personel grup band Arma Rock dari ITS Surabaya. "Yang terpenting buat kami adalah supaya grup kami tetap bertahan sampai nanti. Jujur, kami membutuhkan ajang semacam ini agar tetap solid," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno menjelaskan bahwa Festival Band Pelajar melombakan tiga kategori, yakni tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan perguruan tinggi.

"Jawara untuk masing-masing kategori adalah SMPN 1 Banyuwangi, kolaborasi SMAN 1, SMA 3 Surabaya dan SMA 14 Surabaya, dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya," kata Suratno.

Adapun poin penilaian adalah teknik, harmonisasi dan penampilan. Peserta diwajibkan membawakan dua lagu, yakni lagu daerah dan lagu bebas. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait