Surabaya - Udah tahu acara Festival Ekonomi Milenials 2019 di Grand City Surabaya? Acara ini sudah dimulai sejak Jumat (13/12/2019) lalu dan langsung dibuka oleh Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Didampingi Kepala Biro Administrasi Perekonomian Sekdaprov Jatim, Dyah Wahyu Ermawati, Emil membuka Festival Ekonomi Milenials 2019 dengan seminar bertajuk "Kontribusi dan Sinergitas MJC dan Ekonomi Kreatif dalam Mendongkrak Perekonomian".

Pada pembukaan kemarin, setidaknya 300 peserta dan tamu undangan dari berbagai sektor hadir di sana. Mulai pemimpin daerah, talenta dan mentor MJC, narasumber, komunitas, maupun insan kreatif berkumpul dan berbagi pengalaman bersama.

Selain itu, ada juga pameran hasil karya para talenta MJC yang melibatkan 16 sub sektor ekonomi kreatif. Mulai dari kuliner, musik, seni rupa, kriya, sampai animasi semua ada di sana.

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Nggak Jauh dari Generasi Milenial

Dyah Wahyu Ermawati menyampaikan bahwa Festival Ekonomi Millennials 2019 merupakan pilot project Milenial Job Center (MJC) yang digagas Pemprov Jatim.

MJC sendiri adalah program besutan Gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur Emil. MJC hadir sebagai wadah bagi para talenta, mentor dan klien untuk menciptakan ekosistem freelancer yang kompetitif dan kondusif di Jawa Timur.

Hal ini sengaja diselenggarakan untuk menjarinng talenta-talenta berbakat dengan ide kreatifnya untuk bersinergi dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif milenial.

"Ekonomi kreatif dan MJC bersinergi mendukung pertumbuhan ekonomi Jatim," kata Erma.

Baca juga: Lenovo Luncurkan ThinkBook 14 untuk Milenial dan Gen Z

Sementara itu, Emil menambahkan bahwa MJC menghadirkan ekonomi kreatif dengan konsep lebih inklusif, baik secara desain maupun segmen.

Apalagi melihat potensi ekonomi kreatif dan gig economy sangat besar dan saling mendukung. Menurutnya, Jatim adalah provinsi pertama yang menjemput era gig economy.

Menurutnya, kehadiran MJC juga menjembatani peluang freelancer atau calon talenta yang berpengalaman.

"MJC menyiapkan talent, mentor dan klien menyambut gig economy global," kata Emil.

Untuk itu, Emil berharap sepuluh tahun mendatang, sekitar dua hingga tiga persen pertumbuhan ekonomi di Jatim bisa didongkrak oleh sektor ekonomi kreatif.

Baca juga: Ventela, Sepatu Lokal Bandung yang Mulai Hits di Kalangan Milenial

Sebab menurutnya potensi ekonomi kreatif di setiap kabupaten Jawa Timur tak lepas dari ekonomi itu sendiri secara umum.

Sementara itu, Festival Ekonomi Milenials 2019 yang pertama kali digelar ini sekaligus akan menjadi pedoman dan aksi pelaksanaan di tahun-tahun mendatang.

Acara ini sendiri dikemas secara asik dan menarik dengan berbagai kegiatan, seperti seminar, talkshow, dan sharing session. Kamu juga bisa menikmati acara ini secara gratis hingga Minggu, 15 Desember.

Komentar
paper plane