beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URsport

Football is Coming to Rome! Italia Juara Euro 2020

Rezki Maulana,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Football is Coming to Rome! Italia Juara Euro 2020
Image: Italia juara Euro 2020 (twitter @EURO2020)

London - Football is Coming to Rome, not Coming Home. Italia jadi juara Euro 2020 setelah mengalahkan Inggris lewat adu penalti dengan skor 3-2.

Pada pertandingan final di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB, Inggris dan Italia sama-sama menurunkan skuat terbaiknya. Inggris menyimpan Bukayo Saka dan malah memainkan Kieran Trippier dalam formasi 3-5-2.

Formasi Inggris boleh dibilang sedikit bertahan karena memasang tiga bek tengah dan dua bek sayap. Italia masih memainkan formasi 4-3-3 dengan trio Jorginho, Nicolo Barella, dan Marco Verratti di tengah.

Inggris yang tak diunggulkan malah mengejutkan di menit kedua. Kieran Trippier mengirimkan umpan silang yang disambar Luke Shaw di tiang dekat untuk menjebol gawang Gianlugi Donnarumma.

Setelah itu, Inggris bermain cepat untuk mendapatkan gol kedua dan menekan Italia lewat sisi lapangan. Sementara, Italia justru terburu-buru untuk mencari gol tambahan sehingga banyak peluang terbuang sia-sia.

Barulah di babak kedua, Italia lebih tenang dan mampu mendominasi. Barella dan Ciro Immobile ditarik keluar untuk digantikan Bryan Cristante serta Domenico Berardi.

Pada menit ke-67, Italia akhirnya menyamakan skor setelah Leonardo Bonucci menyambar bola muntah di kotak penalti menyusul sepak pojok. Kedua tim kemudian berupaya saling mencetak gol di sisa waktu normal namun gagal.

Laga akhirnya berlanjut ke babak extra time 2x15 menit, namun lagi-lagi tidak ada gol. Mengantisipasi adu penalti, Inggris memainkan Jadon Sancho dan Marcus Rashford di menit ke-119.

Tapi keputusan itu berbuah blunder di adu penalti. Setelah unggul 2-1 duluan, Inggris disamakan 2-2 oleh Bonucci dalam babak tos-tosan. Sepakan Rashford menerpa tiang dan Federico Bernardeschi membuat unggul 3-2.

Sancho yang maju sebagai penendang keempat juga gagal setelah ditepis Donnarumma. Jorginho sebagai penendang kelima juga gagal, tapi Italia jadi juara setelah Donnarumma menepis sepakan Bukayo Saka.

Italia akhirnya merebut gelar juara Piala Eropa keduanya setelah yang pertama pada 1968. Inggris pun harus gigit jari di depan publik sendiri karena sepakbola sekali lagi belum bisa pulang ke rumah.

Karena pada akhirnya Football is Coming to Rome. Selamat Italia!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait