Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Gabung Instagram, Angelina Jolie Suarakan Nasib Perempuan di Afghanistan

Eronika Dwi,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gabung Instagram, Angelina Jolie Suarakan Nasib Perempuan di Afghanistan
Image: Angelina Jolie dalam Eternals (YouTube/MarvelEntertainment)

Jakarta - Aktris Angelina Jolie baru saja membuat akun Instagram untuk pertama kalinya pada Jumat (20/8/2021).

Postingan pertama aktris 46 tahun itu menyoroti apa yang terjadi di Afghanistan, khususnya nasib para perempuan di sana.

Jolie membagikan sebuah foto surat bertuliskan tangan yang diberikan seorang gadis Afghanistan kepadanya.

"Ini adalah surat yang kuterima dari seorang gadis remaja di Afghanistan. Saat ini, masyarakat Afghanistan kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi di media sosial dan mengekspresikan dirinya secara bebas. Jadi saya gabung di Instagram untuk berbagi cerita mereka dan suara-suara dari penjuru dunia yang tengah berjuang untuk mendapatkan hak asasi manusia mereka," tulis Jolie dalam keterangan postingannya, Jumat (20/8/2021).

Dalam keterangannya, Jolie menjelaskan bahwa 20 tahun lalu ia berada di perbatasan Afghanistan atau tepat dua minggu sebelum 9/11, yang mana kala itu ia bertemu dengan para pencari suaka yang melarikan diri dari Taliban.

"Sungguh memuakkan melihat warga Afghanistan terlantar lagi karena ketakutan dan ketidakpastian kembali mencengkeram negeri mereka. Setelah menghabiskan begitu banyak waktu dan uang, mengalami pertumpahan darah dan kehilangan nyawa hanya untuk ini, ini adalah kegagalan yang nyaris mustahil untuk dipahami," jelasnya.

Jolie lalu melanjutkan bahwa ia melihat para pencari suaka Afghanistan selama berabad-abad.

"Orang-orang yang sangat berguna bagi dunia, diperlakukan seolah mereka adalah beban sangatlah memuakkan. Seandainya saja mereka punya cara dan kehormatan, berapa banyak yang bisa mereka lakukan untuk diri mereka sendiri. Saya bertemu dengan begitu banyak wanita dan gadis yang bukan hanya menginginkan pendidikan, tetapi juga berjuang untuk itu." ungkapnya.

"Seperti orang lain yang sudah berkomitmen, saya tidak akan berpaling. Saya akan terus mencari cara untuk membantu. Dan saya harap kalian mau bergabung bersamaku untuk ikut membantu," tutupnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angelina Jolie (@angelinajolie)

Di sisi lain, seorang sumber dekat juga mengatakan, Angelina Jolie merasa kalau dirinya harus membuat akun Instagram karena para perempuan dan anak muda di Afghanistan saat ini sudah kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi di media sosial.

"Angelina Jolie merasa harus bergabung di saat perempuan dan anak muda di Afghanistan kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi di media sosial dan mengekspresikan diri mereka secara bebas," kata seorang sumber dekat Angelina Jolie kepada ET, dikutip, Sabtu (21/8/2021).

"Dari sudut pandangnya, dia (merasa) mampu menjadi bagian dari upaya untuk memperkuat suara mereka, itu adalah alasan (Angelina Jolie) untuk bergabung dan menggunakan media sosial," lanjut sumber tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait