beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Geopark Kaldera Dikabarkan Masuk UNESCO Global Geopark

Anita F. Nasution,
hampir 3 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Geopark Kaldera Dikabarkan Masuk UNESCO Global Geopark
Image: Pesona Indonesia

Medan - Urbanreaders, Geopark Kaldera Toba yang berada di Sumatera Utara ini kabarnya telah masuk ke dalam UNESCO Global Geopark loh.

Mulai diusulkan sejak tahun 2011, persetujuan inipun kabarnya dibuat dalam acara The 6th Asia Pacific Geopark Network (APGN) di Lombok pada 1 September 2019.

Keanggotaan Geopark Kaldera Toba sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGG) ini akan diumumkan pada April 2020 mendatang di Paris.

Informasi yang diperoleh dari kegitan yang diikuti oleh 615 peserta dari 30 negara ini, Badan Eksekutif UNESCO telah menetapkan Geopark Kadera masuk ke dalam UGG namun akan baru dipublikasikan pada tahun 2020 mendatang. Wah keren!

Baca Juga: Ridwan Kamil akan Kembangkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Digital di Jabar

Mengenai kabar menggembirakan ini, Unggul Sitanggang dari Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) bidang keuangan memberikan pernyataannya pada awak media di Kantor Gubernur Sumatera Utara tepatnya di Jalan Diponegoro pada 2 september 2019 kemarin.

Unggul mengatakan bahwa Geopark Kaldera Toba ditetapkan masuk dalam keanggotaan UGG. Dia juga menambahkan bahwa persyaratan terhadap Geopark Kaldera Toba untuk masuk dalam UGG dinilai layak dan sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh UNESCO Global Geopark.

Namun dia meluruskan kembali walaupun Geopark Kaldera Toba sudah ditetapkan sebagai anggota, namun belum sah terdaftar sebagai anggota UNESCO Global Geopark. Artinya Geopark Kaldera Toba belum memiliki hak dan kewajiban sebagai anggota sampai dikeluarkannya sertifikat dari UNESCO tahun 2020 mendatang.

Well, tentunya kabar ini menjadi kabar gembira bagi dunia pariwisata Indonesia khususnya pariwisata Sumatera Utara urbanreaders.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait