menu
user
URtech

Gokil! YouTuber Berhasil Nambang Bitcoin Pakai Game Boy

Afid Ahman,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gokil! YouTuber Berhasil Nambang Bitcoin Pakai Game Boy
Image: YouTube

Jakarta - Di saat harga kartu grafis terus melambung karena langka di pasaran, seorang YouTuber malah punya cara unik agar bisa menambang bitcoin. Dia menggunakan Nintendo Game Boy.

Lantaran kekurangan kartu grafis, YouTuber bernama Stackmashing menyulap konsol game keluaran 1989 itu menjadi 'mesin' penambangan Bitcoin. Untuk melakukannya, ia harus menggunakan kartu flash USB standar untuk menjalankan ulang ROM pada Game Boy serta menambahkan kabel tautan yang dimodifikasi.

Kemudian digabungkan dengan papan mikrokontroler Raspberry Pi Pico. Sehingga memungkinkan pengiriman informasi antara Game Boy dan server.

Kunci kemampuan menambang Bitcoin Game Boy sebenarnya terletak di Raspberry Pi Pico yang dibeli seharga USD 4 atau kisaran Rp 43 ribuan. Karena konsol besutan Nintendo itu tidak memiliki cara untuk berkomunikasi dengan jaringan Bitcoin, Pico-lah yang menanganinya.

Kabel tautan yang dimodifikasi menghubungkan Game Boy ke Pico. Lalu Pico terhubung ke PC.

Saat ini, Bitcoin ditambang oleh ASIC atau GPU dengan kecepatan hingga 100TH / s. Sementara itu, Game Boy yang diluncurkan pada tahun 1989 dilengkapi dengan CPU Sharp LR35902 yang sangat kecil dengan kecepatan hanya 0.8H / s.

Jadi proses menambang Bitcoin di Game Boy akan sangat lambat. Faktanya, sederhananya, perkiraan yang bertumpuk bahwa Game Boy akan membutuhkan beberapa juta miliar tahun untuk menambang 1 Bitcoin. Pun begitu upaya Stackmashing patut diacungi jempol.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait