beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Google Blokir Game Battle Royale Krafton di India

Shinta Galih,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Google Blokir Game Battle Royale Krafton di India
Image: krafton.com

Jakarta - Google memblokir akses game battle-royale besutan Krafton di India pada Kamis (28/7/2022). Hal tersebut menyusul keluarnya titah dari pemerintah India agar game Battlegrounds Mobile India (BGMI) diblokir dan memaksa mereka menghapus aplikasinya dari Play Store. 

Padahal game besutan pengembang asal Korea Selatan itu cukup populer di Negeri Gangga. Hingga saat ini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna di India.

"Setelah menerima pesanan, mengikuti proses yang ditetapkan, kami telah memberi tahu pengembang yang terpengaruh dan telah memblokir akses ke aplikasi," kata juru bicara Google.

Imbas pemblokiran ini bikin saham Krafton merosot lebih dari 9 persen pada Jumat ini.

Juru bicara Krafton di Seoul mengatakan pengembang sedang berbicara dengan otoritas dan perusahaan terkait untuk mengetahui situasi pasti mengenai penangguhan di dua toko aplikasi besar di India.

Kementerian TI India tidak segera menanggapi terkait hal ini saat dikonfirmasi Reuters. Sehingga alasan pemblokiran itu masih menjadi misteri.

Namun sebuah sumber yang mengetahui langsung masalah tersebut mengatakan bahwa Google telah menerima perintah penghapusan dari pemerintah dalam 24 jam terakhir. Risiko keamanan menjadi alasannya, tapi diyakini ini dampak dari memburuknya hubungan bisnis dengan Cina. 

Pada saat itu, Tencent Cina memegang hak penerbitan untuk PUBG di India. Tindakan pemblokiran bagian dari larangan New Delhi terhadap lebih dari 100 aplikasi seluler asal Cina, menyusul kebuntuan perbatasan selama berbulan-bulan terkait saingan nuklir. Larangan itu telah diperluas sejak itu mencakup lebih dari 300 aplikasi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait