Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Google Pilih Rayakan Ulang Tahun pada 27 September, Kenapa?

Afid Ahman,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Google Pilih Rayakan Ulang Tahun pada 27 September, Kenapa?
Image: Google Doodle. (Google)

Jakarta - Tanggal 27 September diperingati sebagai hari ulang tahun Google. Padahal Google sendiri berdiri tepat 4 September, kenapa?

Google, sebagai perusahaan, resmi didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page pada 4 September 1998. Namun perayaan ulang tahun Google mengalami perubahan di 2003.

Mereka merayakan hari jadinya ke-5 di tanggal 8 September. Lucunya, setahun berikutnya berubah lagi, raksasa pencarian internet ini merayakan ulang tahunnya ke-6 lebih awal, yakni 7 September 2004.

Perubahan kembali dilakukan pada 2005, Google kembali merayakan hari ulang tahunnya di 26 September. Setahun berikutnya berubah kembali, Google memperingati hari jadinya di 27 September 2006.

Tapi sejak saat itu Google selalu menetapkan hari ulang tahunnya setiap 27 September. Dipilihnya tanggal tersebut dikarenakan agar bertepatan dengan pengumuman rekor jumlah halaman yang diindeks oleh mesin pencari.

Itulah kenapa meski berdirinya 4 September Google selalu merayakan hari jadinya di tanggal 27 September.

Sedikit flashback, cikal-bakal Google dimulai 1996. Larry Page dan Sergey Brin yang kala itu berstatus mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford, California, AS mengerjakan proyek bernama BackRub.

Proyek ini adalah bagian dari penelitian mesin pencari internet dengan algoritma matematika. Proyek ini menghasilkan makalah penelitian yang sangat populer berjudul "Anatomi Mesin Pencari Web Hipertekstual Skala Besar."

Para investor dari Silicon Valley kepincut akan proyek tersebut, salah satunya Investor asal Jerman bernama Andy Bechtolsheim.

Andy melihat prospek BackRub bakal menjadi sesuatu yang besar. Dia kemudian mengucurkan dana US$ 100 ribu atau kisaran Rp 1,4 miliar kepada Larry Page dan Sergey Brin untuk menggarap mesin pencari BackRub.

Lucunya pada 1997, Larry ingin mengganti BackRub dengan nama lain. Dia kemudian berdiskusi dengan teman yang kemudian muncul usulan nama "Googol".

Nama tersebut dari istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi sang mesin pencari sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Sean kemudian mencari apakah domain "Googol.com" sudah digunakan atau belum. Tapi, dia salah ngetiknya sebagai Google.com.

Meski typo, ternyata Larry ternyata suka dengan nama "Google". Beruntungnya pula domain Google.com pun ketika itu masih belum dipakai orang lain.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait