beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY Dekorasi Dinding dari Kaleng Bekas, Yuk Coba!

Naura Aufani Zalfa, 17 Februari 2022 18.59.58
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
DIY Dekorasi Dinding dari Kaleng Bekas, Yuk Coba!
Image: DIY Dekorasi kaleng bekas cantik (Tangkapan layar TikTok/tiranissya)

Jakarta - Apakah kamu pernah merasa bersalah ketika ingin membuang kaleng kue bekas yang sudah tak lagi terpakai? Kali ini kamu tak perlu merasa bersalah lagi, Urbanreaders. 

Dengan DIY kaleng bekas yang telah Urbanasia rangkum, kamu bisa membuat kaleng bekas tak berguna menjadi dekorasi indah, loh.

Ada begitu banyak kerajinan hebat yang bisa kamu buat dengan menggunakan kaleng aluminium. 

Di Internet, banyak sekali petunjuk untuk membuat kerajinan kaleng aluminium mulai dari perhiasan hingga dekorasi dinding. Ini adalah cara yang bagus untuk mendaur ulang kaleng bekas yang biasanya menumpuk di tong sampah.

Alih-alih mendaur ulangnya menjadi wadah rengginang, mengapa kamu tidak membuat sesuatu yang cerdik dengan semua kaleng aluminium bekas itu?

Berikut cara merubah kaleng bekas menjadi dekorasi dinding yang cantik!

Alat dan Bahan yang Diperlukan:

1. Kaleng bekas berukuran 

2. Kain goni

3. Lem tembak

4. kardus

5. Tali tambang katun

6. Gunting

Cara Pembuatan:

1. Pertama, ambil kain goni dan ukur sesuai sisi samping bagian dalam dan luar kaleng. Lalu gunting kain goni sesuai ukuran yang telah kamu ukur.

2. Jangan lupa buat lingkaran menggunakan pensil atau pulpen sesuai dengan ukuran dasar kaleng bekas. Lalu gunting seperti langkah sebelumnya. Lingkaran ini akan kamu gunakan untuk bagian dalam kaleng.

3. Setelah mendapatkan potongan-potongan kain goni yang sesuai, tempelkan kain di bagian dalam dan bagian luar kaleng. Kamu bisa merekatkannya dengan lem tembak. Pastikan kamu menempelnya dengan rapi, ya!

4. Setelah kaleng terbungkus kain goni, siapkan kardus bekas yang telah diukur tingginya sesuai dengan tinggi kaleng. Kardus ini akan digunakan sebagai sekat.

5. Setelah itu, bungkus kardus pakai kain goni dan rekatkan pinggiran kardus dengan lem tembak untuk ditempelkan ke bagian kalengnya.

6. Untuk menutupi bagian-bagian pinggiran kaleng, kamu bisa menggunakan tali tambang katun. Tempel tali di seluruh bagian pinggir, depan, belakang kaleng agar terlihat lebih manis dan rapi.

7. Terakhir, kamu bisa membuat gantungannya agar bisa menempel di dinding. Gini cara bikinnya: 

Di bagian bawah buat simpul tali mati dan rekatkan dengan lem tembak di bagian pinggir. Tempelnya itu sejajar dengan sekatnya, Guys.

Rapikan juga sisa tali untuk gantungannya dengan merekatkannya kebagian samping kaleng.

8. Tara! Hiasan dinding dari kaleng bekas kamu sudah jadi!

Cantik sekali bukan? Selain mudah, alat dan bahannya juga terjangkau, Guys!

Yuk langsung praktikkan di rumah, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait