Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Hasil Riset Sebut ShopeePay Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Eronika Dwi,
9 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hasil Riset Sebut ShopeePay Paling Banyak Digunakan di Indonesia
Image: Ilustrasi Dompet Digital. (Pixabay/mohamed_hassan)

Jakarta - ShopeePay menduduki posisi puncak dompet digital dengan penggunaan paling banyak di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan hasil riset digital Neurosensum pada 1.000 responden pengguna aktif e-commerce berusia produktif (19-45 tahun).

Riset tersebut dilakukan secara serentak di delapan kota besar di Indonesia, yaitu kawasan Jabodetabek, kota-kota besar di pulau Jawa, serta kota besar lainnya di Indonesia, selama 3 bulan terakhir (November 2020 – Januari 2021).

"Riset dompet digital ini tidak hanya mengukur pangsa pasar saja. Kami mencoba untuk mencari tahu dengan menghitung kualitas riset menggunakan metode Q&A guna mendapatkan Why, serta menarik kesimpulan lanskap dompet digital yang aktif di Indonesia selama 3 bulan terakhir," kata Research Manager, Neurosensum Indonesia, Tika Widyaningtyas dalam webinar Neurosensum, Selasa (2/3/2021).

ShopeePay mendapatkan penetrasi pasar tertinggi yakni 68%, diikuti oleh OVO 62%, DANA 54%, GoPay 53%, dan LinkAja 23%.

Jajaran promosi terbanyak yang ditawarkan para dompet digital tersebut menjadi salah satu yang dinilai responden. ShopeePay memiliki persentase 42%, OVO 25%, GoPay 16%, DANA 13%, dan LinkAja 4%.

Lebih dari sepertiga responden pun menganggap bahwa ShopeePay adalah pemain dompet digital dengan pertumbuhan terpesat selama 3 bulan terakhir.

Selain itu, peran pemasaran cerdas dan terpadu, kemudahan bertransaksi digital, dan akselerasi penggunaan dompet digital untuk pembayaran non-fisik, juga mendorong ShopeePay menduduki puncak pangsa pasar dengan jumlah transaksi tertinggi.

Di sisi lain, secara frekuensi pun ShopeePay berhasil menjadi pilihan dompet digital dengan frekuensi transaksi tertinggi, yakni 14,4 kali per bulan.

Posisi brand lain terdiri dari OVO 13,5 kali per bulan, GoPay 13,1 kali per bulan, DANA 12,2 kali per bulan, dan LinkAja 8,2 kali per bulan.

ShopeePay terus mendulang prestasi dengan kinerja unggul dalam fase perkenalan dompet digital ini. Terlihat bahwa performa pemasaran membuahkan hasil.

Hasil riset Neurosensum menemukan bahwa dalam tiga bulan terakhir, arena persaingan dompet digital semakin dinamis dengan hadirnya pemain baru, yaitu ShopeePay.

Meski belum genap setahun hadir di Indonesia, ShopeePay memimpin pembayaran digital untuk belanja online.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait