menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Hati-Hati! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Dyta Nabilah,
1 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hati-Hati! Ini Makanan yang Berbahaya untuk Kucing
Image: Makanan yang Berbahaya untuk Kucing (Paxels/AnelRossouw)

Jakarta - Ketika punya kucing kesayangan, pastinya kalian mau berikan hal yang baik untuknya. Misalnya, memastikan kucing dapat nutrisi penuh dari makanan yang dikonsumsi. Nggak masalah harus keluarkan pundi lumayan banyak, yang penting makhluk berbulu nan imut tetap sehat.

Berbeda dengan manusia, kucing punya aturan sendiri untuk konsumsi sesuatu. Ada beberapa makanan yang dilarang karena akan berbahaya. Lalu, apa saja sih makanan yang nggak diperbolehkan? Yuk simak, jangan sampai lalai karena kurang informasi ya, guys!

Susu Sapi dan Produk Olahannya

Ternyata kucing nggak diperbolehkan minum susu sapi, loh! Pada dasarnya, kebanyakan kucing itu alergi dengan laktosa. Kucing susah untuk mencerna laktosa, sehingga dapat menyebabkan diare dan muntah. Hal ini berlaku juga untuk produk olahan susu sapi seperti keju, krim, dan lainnya.

Apalagi ketika kucing masih berusia sangat muda, susu sapi harus dihindari. Paling baik, anak kucing langsung menyusu langsung dari induknya. Jika memang terpaksa, kalian bisa berikan susu formula khusus anak kucing supaya nggak terjadi masalah pencernaan.

Cokelat

Mungkin cokelat jadi makan favorit para manusia, tapi nggak berlaku nih untuk kucing. Makanan manis ini sangat berbahaya karena bisa mematikan. Di dalamnya terdapat kandungan yang beracun bagi kucing yaitu theobromine dan kafein.

Keduanya ada di semua jenis cokelat, namun yang paling tinggi adalah cokelat hitam tanpa pemanis. Dampak buruk kucing konsumsi cokelat sangat parah loh! Mereka bisa muntah, diare, suhu tubuh tinggi, tremor otot, irama jantung nggak normal, dan kejang. Wah, bahaya banget kan?

Telur dan Daging Mentah

Merasa aman memberikan telur atau daging mentah untuk kucing? Mulai sekarang, jangan lakukan itu lagi ya! Sama seperti manusia, telur atau daging yang mentah bisa sebabkan keracunan karena terdapat bakteri salmonella dan E.coli.

Kucing pun akan lesu, diare dan muntah jika mengkonsumsinya. Bahkan, telur mentah juga mengandung enzim yang membuat bulu dan kulit kucing bermasalah loh!

Adonan Ragi

Hati-hati nih buat kalian yang suka masak, jangan sampai kucing nggak sengaja makan adonan ragi. Karena, adonan ini bisa mengembang loh di perut kucing. Kalau sudah membengkak di dalam perut, kucing bisa merasa sakit yang parah. 

Selain itu, saat ragi fermentasi adonan supaya mengembang akan menghasilkan alkohol. Pastinya, alkohol ini bisa sebabkan keracunan untuk kucing. Segala jenis alkohol dapat menyebabkan kucing nggak sadarkan diri. 

Segala Jenis Bawang

Bawang dengan berbagai bentuk baik bubuk, dimasak, mentah itu nggak diperbolehkan untuk kucing konsumsi. Hal ini dapat memecah sel darah merah kucing, menyebabkan anemia. Mau makan bawang dengan jumlah yang banyak ataupun sedikit bisa sebabkan keracunan.

Bawang bisa berpotensi mengancam nyawa loh. Kucing bisa lesu, nggak nafsu makan, gusi pucat, urine berubah warna jadi jingga sampai merah tua. Kalau sudah seperti ini, langsung bawa ke dokter hewan ya, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait