Hot News

Jakarta - Saat berkuliah, nggak sedikit orang yang pada akhirnya merasa salah mengambil jurusan, nih. Kamu termasuk salah satunya? Hal ini pun akhirnya jadi sebuah ketakutan tersendiri bagi para calon mahasiswa.

Bahkan, sebuah penelitian dari Indonesia Career Center Network (ICCN) pada 2017, data yang ada menyebutkan sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia mengaku salah jurusan. Banyak juga ya?

Nah, berangkat dari persoalan ini, akhirnya sekelompok mahasiswa Unpad alias Universitas Padjajaran, mengembangkan Knowlej.id. Knowlej.id ini sendiri merupakan sebuah platform digital berbentuk web dan media sosial yang dapat membantu siswa dan siswi menggali informasi tentang dunia perkuliahan.

Lewat platform ini, tim yang terdiri dari 5 orang mahasiswa ini ingin memberikan motivasi serta edukasi bagi para calon mahasiswa. Tujuan Knowlej.id juga disampaikan oleh sang CFO (chief financial officer) Retta Farah Pramesti.

Baca Juga: Mahasiswa ITB Ini Buat Aplikasi Bantu Dengar untuk Tuna Rungu

"Hal ini sebagai sebuah peluang yang dapat dijadikan celah untuk mengembangkan jiwa sociopreneurship," ujarnya seperti dikutip dalam situs unpad.ac.id.

Dalam situs Knowlej.id, nggak hanya terdapat informasi tentang perkampusan dan try out online-offline. Mereka pun melihat peluang pasar lain dengan menjual beberapa cenderamata kampus dan buku persiapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), loh.

Jika berkunjung dalam situsnya, ada beberapa fitur utama yang juga sedang dikembangkan. Antara lain dalam manajemennya dan fitur-fitur unggulannya, seperti Know Story, Know Interest, Know Media, Know Shop, dan Know Event.

Ada fitur Know interest berfungsi untuk mengetahui minat dan bakat seseorang. Selanjutnya ada fitur Know Story merupakan wadah bercerita dan berbagi inspirasi serta motivasi langsung dari audiens Knowlej.id.

Baca Juga: Manfaatkan Lapisan Tipis di Penyimpanan Minyak, Mahasiswa ITS Juara di Rusia

Menariknya, fitur ini memakai teknologi User Generated Content dimana audiens bisa berinteraksi secara aktif dengan menyumbangkan tulisannya untuk Knowlej.id.

Knowlej.id sendiri jadi rintisan usaha yang mendapatkan pendanaan dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI.

KBMI merupakan kompetisi untuk mendorong tumbuhnya karakter wirausaha di kalangan mahasiswa Indonesia. Nggak hanya itu, program ini juga berupaya mendukung wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis teknologi.

Komentar

Loading ..