Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Hobi Bisnis? Simak 5 Cara Menjadi Dropshipper Sukses!

Shelly Lisdya,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hobi Bisnis? Simak 5 Cara Menjadi Dropshipper Sukses!
Image: ilustrasi. (RepricerExpress)

Jakarta - Bisnis online atau E-Commerce di Indonesia saat ini tengah ramai. Banyak masyarakat yang memanfaatkannya dengan berjualan di platform E-Commerce.

Saat ini, tak sedikit juga para milenial, khususnya mahasiswa atau ibu rumah tangga yang mulai merambah ke dunia bisnis dengan menjadi dropshiper. Lalu apa itu?

Dilansir dari laman niagahoster, bisnis dropship adalah seseorang yang memulai bisnis dengan menjual produk yang dibuat oleh pihak lain.

Namun, untuk menjual produk tersebut, orang ini tak perlu menyetok dan mengirimkannya secara manual. Lewat bisnis dropship, produsen juga lah yang mengirimkan produknya ke konsumen. Sementara dropshipper adalah orang menjalankan bisnis dropship.

Kamu mau menjadi dropshiper tapi bingung gimana mulainya? Nah, berikut cara menjadi dropshiper:

1. Pilih Partner

1603164121-berteman-dengan-rekan-kerja2.jpgSumber: Freepik

Langkah pertama, kamu harus memilih partner dan produk apa yang akan kamu jual. 

Pilihan produk yang tepat mengantarmu untuk memperbanyak konsumen. Partner dropship/supplier barang yang tepat juga akan melancarkan bisnis kamu.

2. Nilai Jual

1588036430-bisnis-lewat-instagram4.jpgSumber: Ilustrasi bisnis (Freepik)

Untuk menarik konsumen, kamu harus memiliki nilai jual meski itu bukan produkmu. Dalam kasus bisnis dropship, memang agak sulit untuk menambahkan nilai jual atau unique selling point ke produk.

Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba customer service yang andal, jaminan waktu pengiriman yang cepat, ongkos kirim yang kompetitif, beri poin dan reward, selipkan freebies dan tester produk, dan sebagainya.

3. Tentukan Nama Domain

1587130020-Ilustrasi-bisnis-1.jpgSumber: Ilustrasi bisnis/rawpixel

Setiap toko harus memiliki nama. Sama halnya dengan bisnis online yang membutuhkan alamat dalam bentuk nama domain.

Dilansir dari laman hostinger, buatlah nama domain yang mudah diingat dan relevan dengan target konsumen. Nama inilah yang akan diketik konsumen di kolom browser setiap kali mereka ingin membeli produk kamu.

4. Buat Toko

bisnisonline.jpegSumber: Ilustrasi bisnis 

Setelah itu, kamu harus membuat toko sendiri.

Toko online dapat dibuat dengan menggunakan WordPress. Untuk dapat menggunakannya, kamu harus menginstallnya terlebih dulu. 

Setelah berhasil membuat website WordPress, install plugin WooCommerce. Plugin ini akan memudahkanmu dalam pembuatan toko online.

5. Promosi

1587130031-Ilustrasi-bisnis.jpgSumber: Ilustrasi bisnis (Freepik)

Meski kamu hanya menjadi dropshiper, kamu juga harus mempromosikan bisnismu loh guys. Ada bebera promosi digital marketing yang harus kamu lakukan, seperti SEO, iklan berbayar dan email marketing.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait