Hot News

JAKARTA - FIFA sudah mengumumkan 10 kandidat gol pemenang Puskas Award 2019. Ada Zlatan Ibrahimovic dan Lionel Messi yang bersaing memperebutkan status terbaik.

Seperti biasanya, FIFA selalu menghadirkan penghargaan gol terbaik di setiap pemilihan pemain terbaik dunia. Ini sudah memasuki tahun ke-11 sejak Puskas Award diperkenalkan - nama penghargaan merujuk pada striker legendaris Timnas Hongaria dan Real Madrid Ferenc Puskas.

Untuk tahun ini, FIFA sudah mengeluarkan 10 nominasi yang nantinya terpilih jadi gol terbaik. Tak ada lagi nama Mohamed Salah yang musim lalu memenangi award itu lewat gol cantik ke gawang Everton.

Bahkan untuk kali pertama Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam daftar tersebut. Kali ini Ronaldo harus mengalah kepada Messi yang menjadi salah satu calon pemenang bersama beberapa pesepakbola top, termasuk Ibrahimovic.

Baca Juga: Tanpa Messi, Barcelona Memble dan Kalah di Pekan Pertama LaLiga

Gol Messi yang terpilih adalah saat dia menjebol jala Real Betis pada Maret 2019 lewat sepakan lob dari luar kotak penalti. Bola sempat menghantam mistar sebelum menjebol jala Betis.

Bagi Messi ini adalah kali ketujuh dia terpilih masuk award tapi belum sekalipun memenanginya.

Pesaing terberat Messi adalah Ibrahimovic yang mencetak gol dengan tumitnya sat LA Galaxy menghadapi Toronto FC September 2018.

Ada juga gol voli dengan tumit lainnya dari penyerang Sampdoria Fabio Quagliarella ke gawang Napoli tahun lalu, plus tembakan voli jarak jauh Andros Townsend saat Crystal Palace mengalahkan Manchester City akhir tahun.

Baca Juga: Performa Messi Jelek di Argentina, Salah Siapa?

Ada tiga pesepakbola wanita masuk dalam nominasi ini, yakni penyerang Utah Royal Amy Rodriguez, lalu penyerang timnas Kamerun Ajara Nchout, dan penyerang klub Irlandia Utara Sion Swifts Ladies Billie Simpson.

Gol-gol ini dinilai selama periode 16 Juli 2018 hingga 19 Juli 2019. Pemenangnya akan diumumkan pada FIFA Gala Dinner di Milan, 23 September nanti.(*)

Rezki Maulana


Loading ..