beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

IIMS 2023 Bakal Hadirkan Spot Khusus Transportasi Laut

Fitri Nursaniyah,
24 November 2022 15.07.32 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
IIMS 2023 Bakal Hadirkan Spot Khusus Transportasi Laut
Image: IIMS meluncurkan program Indonesian Boating Gathering (IBG) berkolaborasi dengan yayasan Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) dan Dyandra Promosindo. (Istimewa)

Jakarta - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dijadwalkan digelar pada 16-26 Februari tahun depan di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

IIMS 2023 tak hanya menggandeng produsen otomotif, pameran akbar ini juga menggandeng pelaku UMKM hingga pegiat industri wisata bahari.

Sejalan dengan hal itu, IIMS telah meluncurkan program Indonesian Boating Gathering (IBG) berkolaborasi dengan yayasan Community for Maritime Studies Indonesia (CMSI) dan Dyandra Promosindo.

Program ini diresmikan pada Rabu (23/11/2022) di Palmerah, Jakarta Pusat. Diharapkan, IBG ini bisa jadi ajang promosi pariwisata bahari kepada pengunjung IIMS 2023.

"Ini merupakan salah satu langkah yang diambil untuk mempromosikan industri pariwisata, khususnya wisata bahari kepada seluruh pengunjung IIMS. Kami berharap di IIMS 2023 akan terbentuk komunitas-komunitas yang bergerak di industri maritim maupun wisata bahari," ucap Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung dalam keterangan resmi yang diterima Urbanasia, Kamis (24/11/2022).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga mendukung program yang akan dipamerkan di IIMS 2023 ini. Diharapkan pameran ini bisa menjadi ajang sosialisasi transportasi bahari di kalangan masyarakat.

Koordinator Industri Maritim, Direktorat Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan Kemenperin, Andi Komara mengatakan bahwa 5 sampai 10 persen masyarakat Indonesia tercatat mampu membeli kendaraan di bawah Rp 1 miliar.

Persentase ini menunjukkan bahwa market alat transportasi di Indonesia sebenarnya cukup tinggi, namun sosialisasinya saja yang kurang maksimal.

"Kami harapkan dengan adanya IIMS, penggabungan elemen otomotif dan maritim dapat dijadikan ajang sosialisasi yang cukup signifikan," tutur Andi.

Ini akan menjadi kali ketiga bagi IBG muncul di pameran IIMS. Debut IBG sendiri berlangsung pada 2019, dan program keduanya hadir tahun 2022.

Di IIMS 2023 nanti, IBG akan hadir di area eksklusif di Hall B2 JIExpo Kemayoran dengan koleksi kapal rekreasi dan atraksi remote control (RC) boat di kolam yang sudah disiapkan.

"Kami sebut ‘Boating and Tourism Lifestyle Area’. Area ini akan memamerkan line-up kapal rekreasi dan industri penunjangnya. Satu kejutan yang kami persiapkan di tahun depan, pengunjung mendapatkan experience baru menyaksikan deretan kapal rekreasi yang dipamerkan," kata Project Manager IIMS 2023, Rudi MF. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait