beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Industri Podcast di Indonesia Subur, Tumbuh 5x Lipat dalam 3 Tahun

William Ciputra,
18 November 2022 11.27.37 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Industri Podcast di Indonesia Subur, Tumbuh 5x Lipat dalam 3 Tahun
Image: Spotify All Ears Podcast Summit 2022. (Istimewa)

Jakarta - Industri play on demand and broadcast (Podcast) tumbuh subur di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, industri ini tumbuh 5x lipat dalam waktu tiga tahun terakhir. 

Hal ini sebagaimana data yang diungkap oleh General Manager Spotify Asia Pacific, Gautam Talwar dalam acara Spotify All Ears Podcast Summit 2022 yang berlangsung di The Kasablanka Main Hall pada Rabu, 16 November 2022 lalu. 

“Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5x lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify,” kata Gautam, dikutip Urbanasia, Jumat (18/11/2022).

Selain itu, Gautam mencatat sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast Spotify secara global. 

Menurutnya, pencapaian tersebut tak lepas dari upaya Spotify yang memudahkan kreator lokal untuk terus berkarya melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keunggulan Spotify di industri ini.

Beberapa inisiatif itu mencakup kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli. 

Kemudian ada pula Video Podcast yang kini tersedia melalui Anchor, yang gratis bagi seluruh lapisan masyarakat. Tercatat, saat ini ada 95 persen podcast di Indonesia yang dibuat melalui Anchor. 

Diketahui, fitur Video Podcast telah tersedia untuk semua kreator. Pada awal tahun ini, Video Podcast ini diluncurkan baik yang Original maupun Exclusive yang bertujuan memperluas katalog konten.

Saat ini, di Spotify terdapat koleksi 4,7 juta judul podcast secara global. Jumlah tersebut berasal dari berbagai genre mulai dari horor hingga percakapan intim dan pengembangan karakter. 

Adapun dalam Spotify All Ears Podcast Summit 2022 ini, para kreator disuguhi berbagai keynotes, panels, dan workshops yang inspiratif dan diisi berbagai pembicara terbaik di industri.  

Teman Tidur, Kita dan Waktu, BKR Brothers, RAPOT, dan masih banyak lagi datang berdiskusi dan bertukar ide mengenai cara untuk mendorong pertumbuhan podcast di Indonesia kedepannya.

Mulai dari kreator yang membagikan perjalanan podcast mereka, sampai para pakar yang membagikan data dan tren di Indonesia, semua sesi dikemas secara padat dan menyenangkan sepanjang hari. 

Peserta tidak hanya saling berinteraksi dan menikmati berbagai topik menarik, namun juga dapat melihat pengalaman ‘Merinding di Spotify’ hingga menyaksikan Podkesmas tampil secara langsung di atas panggung di depan ribuan penonton. 

Mereka juga dapat mendengarkan semua Podcast Original dan Exclusive di Spotify melalui listening pods yang disediakan bagi seluruh peserta konferensi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait