Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Ingin Melihat Ibadah Umat Hindu di Pura? Perhatikan 5 Hal Ini!

Urbanasia,
lebih dari 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ingin Melihat Ibadah Umat Hindu di Pura? Perhatikan 5 Hal Ini!
Image: Umat hindu melaksanakan persembahyangan di Pura Sakenan, Denpasar. (Image: Ivan/Urban Asia)

Urban Asia - Menjelang perayaan hari raya Nyepi, seluruh umat Hindu mulai berdatangan dan memenuhi Pura untuk melaksanakan persembahyangan dan ritual tradisinya.Pura-pura besar di Bali tentu menjadi ramai kunjungan, bahkan tak hanya mereka yang beribadah saja namun juga wisatawan karena tertarik untuk melihat proses perayaan ibadah menjelang hari raya Nyepi.Nah kamu bisa tuh mengintip dan bagi kalian yang suka fotografi bisa mendokumentasikan bagaimana suasananya, lho ternyata.Berdasarkan pantauan Urban Asia, ada beberapa pura di Bali yang bisa dikunjungi sebagai tempat wisata. Baca Juga: Upacara Melasti Menyambut Nyepi Menjadi Daya Tarik WisatawanSeperti Pura Jagatnatha di Denpasar, Pura Tanah Lot dan Pura Ulun Danu di Tabanan, Pura Uluwatu di Jimbaran, Pura Besakih dan Pura Lempuyangan serta banyak pura lainnya. Tak ayal memang Bali dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura. Tempat paling pas untuk berburu foto dengan aktifitas umat Hindu yang sedang beribadah dengan latar belakang pura. Namun, sebagai tempat suci bagi umat Hindu, maka ada aturan yang diberlakukan pada siapapun yang ingin masuk ke pura.

Baca Juga: Ingin Rasakan Hidup Tanpa Internet Sehari? Coba ke Bali di Momen IniBerikut beberapa tips jika kamu ingin mengunjungi pura dan memotret bagian-bagian dalam pura. Ilustrasi perayaan Nyepi di Bali. (Image: Ivan/ Urban Asia)1. Masuk dengan sopan

Ibarat masuk ke dalam rumah orang lain, maka kamu adalah tamu di pura tersebut. Ijinlah terlebih dahulu ke petugas atau penjaga pura. Kamu sampaikan maksud kedatanganmu saat akan masuk pura.2. Menggunakan selendang atau sarung Saat di dalam pura kamu diwajibkan menggunakan pakaian sopan dan mengenakan selendang atau sarung. Jika kamu tidak membawanya, bisa pinjam di pura tersebut.Baca Juga: Indonesia Ternyata Punya 6 Tradisi Minum Teh yang Unik, Lho! 3. Wanita haid dilarang masuk Untuk menjaga kesucian pura, sama halnya dengan di dalam masjid, umat muslim dilarang masuk ke masjid ketika mengalami datang bulan. Adapun wanita dalam posisi seusai melahirkan, sesudah berduka, dan bayi yang belum melakukan tiga upacara bulanan dilarang masuk ke Pura. 4. Bersih lahir dan batin Sebelum masuk pura kamu harus bersih, sudah mandi dan rapi serta pikiran jernih.

Dilarang masuk saat kamu sedang dipengaruhi alkohol. Baca Juga: Benar Nggak Sih, Nge-gym Pakai Make Up Bagus buat Kulit?5. Tidak boleh mengganggu aktifitas ibadah saat di dalam pura Kamu dilarang mengganggu umat yang sedang beribadah. Berkata kasar atau berisik karena mengganggu kekhusukan persembahyangan.

Itulah beberapa aturan saat berkunjung ke Pura, guys. Supaya tidak saling mengganggu ketika umat HIndu beribadah menjelang Nyepi, sebaiknya ketika ingin melihat dari dekat proses suasana ibadah tidak perlu berisik dan taati semua peraturan yang ada ya!(*) Penulis: Ivan (Kontributor Bali)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait