Hot News

Jakarta - Menjaga kesehatan jantung menjadi hal yang lebih krusial di masa pandemi ini, guys. Pasalnya, orang-orang yang rentan terhadap paparan COVID-19 adalah mereka yang daya tahan tubuhnya rendah, termasuk pengidap penyakit jantung.

Meski COVID-19 utamanya menyerang sistem pernapasan, namun jika paru-paru telah terinfeksi, virus dapat juga mengarah ke jantung dan berakibat fatal.

Karena itu, selalu jaga kesehatan jantung kamu, guys. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Jauhi Rokok dan Alkohol

1601463117-jauhi-rokok.jpgSumber: Ilustrasi rokok. (freepik)

Zat-zat beracun pada rokok tidak hanya buruk buat paru-paru kamu, tapi juga dapat memengaruhi kesehatan jantung, guys. Perokok aktif memiliki risiko terkena penyakit jantung koroner yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Tapi, bahaya rokok tidak hanya mengancam perokoknya, loh. Orang yang terkena paparan rokok secara rutin atau perokok pasif juga memiliki risiko yang sama tingginya. Karena itu, kamu tidak hanya harus peduli pada kesehatanmu sendiri, tapi juga pada kesehatan orang di sekitarmu.

Sedangkan alkohol, tidak hanya berbahaya untuk organ hati dan pankreas. Alkohol juga bisa berdampak pada organ jantung.

Alkohol dapat membuat jantung sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga bisa memicu penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan hipertensi.

2. Rajin Berolahraga

1600487586-olahraga.jpgSumber: Freepik

Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk berolahraga setiap hari, meski hanya selama 30 menit. Kamu bisa bersepeda, jogging, badminton, atau berlari.

Kalau kamu belum bisa pergi ke Gym, ikutilah kelas-kelas olahraga secara online dari ponsel kamu.

Ada berbagai pilihan yang bisa kamu lakukan seperti Zumba, aerobic, atau yoga. Aktivitas fisik yang teratur akan membantu mengurangi risiko sakit jantung.

3. Perhatikan Asupan Makanan

1600487544-asupan-makanan.jpgSumber: Freepik

Pilihlah menu yang seimbang agar asupan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh bisa terpenuhi. Biasakan makan sayur, buah, kacang-kacangan, sereal, dan ikan.

Selain itu, batasi konsumsi makanan tak sehat, seperti daging merah serta makanan yang banyak mengandung gula, garam, tepung-tepungan, dan lemak tak jenuh. Kamu juga perlu menjaga berat badan ideal untuk menghindari obesitas.

4. Kelola Stres

1601463195-kelola-stress.jpgSumber: Ilustrasi kelola stres. (Freepik)

Stres yang tidak dikelola dengan baik, dapat mengakibatkan berbagai penyakit fisik salah satunya jantung. Karena itu, sempatkan diri untuk melakukan relaksasi, latihan pernapasan, yoga, meditasi, atau sekadar curhat dengan keluarga atau sahabat.

Carilah bantuan profesional jika kamu membutuhkannya. Selain itu, pastikan bahwa kamu beristirahat dengan cukup dan berkualitas.

Selain menjaga pola hidup sehat, kamu perlu melakukan pemeriksaan jantung secara rutin, apalagi jika kamu termasuk orang yang berisiko tinggi secara genetik atau memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga.

Pemeriksaan jantung secara rutin akan berguna untuk mendeteksi adanya gangguan pada jantung, sehingga dapat dilakukan penanganan sedini mungkin.

Komentar

Loading ..