menu
user

Jakarta - Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri atau SBMPN tahun 2020 telah resmi dibuka pada hari ini (19/5/2020).

Bagi kalian yang berminat, Urbanasia akan membeberkan cara lengkap mendaftarkan diri dalam SBMPN 2020.

Ada beberapa tahapan dalam pendaftaran SBMPN 2020 ini. Pertama registrasi, lalu pembayaran dan pengisian data secara lengkap.

Untuk mendaftar SBMPN, hal pertama yang dilakukan adalah registrasi. Dalam tahap ini, kalian harus menjalani beberapa langkah.

1.       Masuk ke halaman utama di alamat https://sbmpn.politeknik.or.id.

2.       Kalian harus memilih menu “Daftar” yang terletak di bagian kanan terlebih dahulu.

3.       Pilih registrasi, maka web akan mengarahkan untuk mengecek nomor induk siswa nasional (NISN).

4.       Jika NISN sudah ditemukan dan NISN dinyatakan terdaftar di SNMPN 2020 maka bidang isian daftar akan otomatis terisi.

5.       Namun jika anda belum pernah terdaftar di SNMPN 2020 maka kalian harus mengisi bidang isian daftar dengan lengkap.

6.       Jika sudah terisi dengan benar, klik “Daftar” dan selesai.

7.       Selanjutnya, kalian harus mengisi pilihan Politeknik dan program studi yang diinginkan.

8.       Jika sudah, jangan lupa untuk klik “selesaikan pilihan”.

9.       Selanjutnya akan muncul ulasan (review) dari data yang telah diisikan sebelumnya.

10.   Jika dirasa telah sesuai, kalian bisa meng-klik “Lakukan pembayaran” dan  akan muncul konfirmasi akhir apakah anda akan melakukan proses checkout

11.   Segera lakukan pembayaran sesuai dengan arahan yang sudah anda agar kalian bisa melakukan proses pengisian daftar selanjutnya.

Setelah proses pendaftaran selesai, tahap selanjutnya, kalian harus melakukan pembayaran. Jumlah yang harus dibayarkan adalah Rp. 150.000.

1.       Usai melakukan checkout pada pilihan daftar, kalian akan diarahkan ke laman OY! Indonesia untuk melakukan proses pembayaran.

2.       Web akan meminta kalian untuk memilih metode pembayaran yang akan digunakan.

3.       Setelah anda memilih metode pembayaran, maka akan muncul konfirmasi metode pembayaran bisa transfer melalui bank, menggunakan kartu kredit atau lainnya.

4.       Selanjutnya klik “ya” untuk melanjutkan.

5.       Segera lakukan pembayaran tagihan sesuai dengan arahan web.

6.       Jangan lupa untuk melakukan pembayaran, dengan batas waktu 1x24 sejak tagihan diterbitkan.

7.       Jika pembayaran telah dilakukan dan dikonfirmasi, maka akun (username dan password) akan segera dikirimkan ke email kalian (cek juga folder junk/spam jika di inbox tidak ditemukan).

8.       Jika kalian tidak menerima email, lakukan cek status pembayaran secara manual untuk mendapatkan akun melalui menu “cek status”.

9.       Nah, jika kamu lupa dengan kode pembayaran silahkan klik menu “Pembayaran” dan lanjutkan untuk mendapat kode pembayaran.

10.   Apabila kalian merasa belum menerima akun daftar, silahkan pilih “cek status atau hubungi pusat bantuan SBMPN 2020”.

Tahap selanjutnya adalah pengisian biodata dan data lainnya secara lengkap. Kalian harus login terlebih dahulu dengan mengisikan username dan password untuk dapat menambah data baru. Langkahnya adalah sebagai berikut:

1.       Login dulu dan masukkan username dan password serta captcha. Kemudian klik “masuk”.

2.       Klik menu “Biodata” dan pastikan Isian kelengkapan data sudah diselesaikan agar bisa melanjutkan ke pengisian menu data selanjutnya.

3.       Setelah mengisikan semua data diri kalian pada menu biodata, klik simpan.

4.       Selain itu, kalian juga harus mengisi isian data keluarga, guys. Masukkan scan Kartu Keluarga dengan ukuran file maksimal 500 kb dalam format gambar “JPG atau JPEG”.

5.       Khusus pendaftar dari keluarga ekonomi lemah, harus menyertakan scan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dengan ukuran file maksimal 500 kb dan minimal 100 kb.

6.       Pastikan data keluarga terisi semua dengan benar dan selengkap-lengkapnya, agar bisa melanjutkan ke pengisian menu data selanjutnya. Setelah mengisikan semua data, klik simpan.

7.       Selanjutnya, klik menu “data ekonomi”. Pastikan data ekonomi terisi semua dengan benar dan selengkap-lengkapnya, agar bisa melanjutkan ke pengisian menu data selanjutnya. Setelah mengisikan semua data pada menu data ekonomi, klik simpan.

8.       Nah selanjutnya adalah mengisi data nilai “Rapor. Klik tambah data rapor dan isikan data tentang nilai Rapormu dari semester 1 hingga 6. Lalu klik tambah, maka data akan tersimpan

9.       Setelah berhasil menambahkan data rapor, klik menu dokumen untuk menambahkan lampiran scan rapor tiap semester. Kemudian unggah file rapor dengan ukuran maksimal 1 MB dan minimal 250 KB dan format file PDF. Untuk mengedit data, klik menu Ubah. Jika terjadi kesalahan, hapus dengan klik menu Hapus.

10.   Pastikan data rapor terisi semua dengan benar dan selengkap-lengkapnya, agar bisa melanjutkan ke pengisian menu data selanjutnya. Setelah mengisikan semua data lalu klik simpan.

11.   Selanjutnya, isi data prestasi satu persatu dan klik simpan. Jika kalian tidak memiliki isian untuk prestasi, kalian bisa melewati tahap ini.

12.   Bagi yang memiliki, silahkan pilih maksimal 3 prestasi terbaik yang dimiliki. Setelah selesai lalu klik simpan.

13.   Tahap selanjutnya klik menu “finalisasi”. Jika kalian terdaftar sebagai peserta KIP-Kuliah silahkan masukkan KAP dan PIN yang sudah didapatkan pada web https://kipkuliah.kemdikbud.go.id/, lalu klik simpan data KIP-K.

14.   Bagi pendaftar diwajibkan untuk memastikan kembali bahwa data yang diisikan telah sesuai dengan cara menekan tombol preview sebelum finalisasi. Karena apabila telah dilakukan finalisasi, maka data yang telah diisikan tidak dapat diubah kembali.

15.   Jika sudah yakin semua data benar, maka klik tombol finalisasi.

16.   Setelah itu klik cetak bukti pendaftaran. Lakukan pengiriman berkas ke alamat Politeknik pilihan pertama seperti yang tertera di petunjuk (setelah melakukan finalisasi). Jangan lupa pula untuk mengunggah bukti pendaftaran dan mengirimkan berkas.

Informasi lebih lanjut bisa klik buku panduan pendaftaran SBMPN 2020 di sini.

Komentar
paper plane