menu
user
URtech

Ini Penyebab Sinyal XL Hilang di Jalur Bawah Tanah MRT Jakarta

Afid Ahman,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini Penyebab Sinyal XL Hilang di Jalur Bawah Tanah MRT Jakarta
Image: Instagram @myxl

Jakarta - Pelanggan XL Axiata akhir-akhir ini melaporkan tidak mendapat sinyal kala berada di jalur bawah tanah MRT Jakarta. Kejadian tersebut berlangsung sampai hari ini.

Ternyata hal tersebut terkait berakhirnya kerja sama antara XL Axiata dengan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) selaku mitra penyedia dan pengelola infrastruktur telekomunikasi di MRT Jakarta terhitung sejak 4 Maret 2021.

“Kami menyadari pihak yang paling terdampak atas kejadian ini adalah pengguna MRT Jakarta dan kami meminta maaf kepada pengguna setia MRT Jakarta atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William P. Sabandar dalam keterangan resminya.

William melanjutkan, MRT Jakarta melalui mitra penyedia dan pengelola infrastruktur telekomunikasi selalu terbuka untuk bekerjasama dengan operator seluler manapun, termasuk XL Axiata dalam memberikan layanan telekomunikasi kepada seluruh pengguna.

Guna mengantisipasi berakhirnya kerja sama tersebut dan masyarakat tetap bisa mengakses internet menggunakan layanan Wi-Fi gratis. Namun layanan tersebut hanya dapat diakses di Area Concourse di 13 Stasiun MRT Jakarta.

"Para pengguna dapat menggunakan Wi-Fi gratis tersebut untuk mengakses Aplikasi MRT Jakarta atau Aplikasi transportasi publik lainnya demi memudahkan pengguna dalam pembelian tiket dan bermobilisasi," terangnya.

Di sisi lain, nantinya MRT Jakarta akan melakukan kajian lebih lanjut mengenai upaya penyelesaian persoalan layanan telekomunikasi di Stasiun MRT Jakarta bersama dengan mitra penyedia dan pengelola infrastruktur telekomunikasi PT Tower Bersama (TBG) dan mengapresiasi operator telekomunikasi lainnya.

Terkait hilangnya sinyal di jalur bawah tanah MRT Jakarta, pihak XL Axiata pun sudah angkat bicara. Operator yang identik berwarna biru ini membenarkan sinyalnya tidak tersedia di sepanjang jalur tersebut.

“Saat ini, di untuk jalur bawah tanah MRT tersebut, layanan XL Axiata belum dapat digunakan," kata Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih.

Dia mengungkap penyebab hilangnya sinyal lantaran kerjasama XL Axiata dengan pengelola MRT Jakarta sudah berakhir dan belum menemukan kesepakatan terkait perpanjangan. 

Pihaknya masih terus mendiskusikan dan berharap kebijakan dari pihak operator MRT untuk dapat memberikan fleksibilitas penyesuaian biaya yang dibebankan kepada mereka.

“Mengingat beban biaya sewa yang diberikan kepada kami saat ini sangat tinggi dan belum ada perubahan/penyesuaian yang signifikan hingga saat ini," jelasnya.

Pun begitu, pihak XL Axiata terus berupaya mencari cara agar pelanggannya tetap dapat nyaman berkomunikasi di area MRT Jakarta.

“Kami masih akan terus mencoba untuk mencari solusi terbaik bagi kenyamanan pelanggan,” pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait