menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Intip Proto-lightsaber 'Star Wars' Buatan YouTuber James Hobson

Nivita Saldyni,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Intip Proto-lightsaber 'Star Wars' Buatan YouTuber James Hobson
Image: Retractable proto-lightsaber pertama di dunia (Guinness World Record)

Jakarta - Para penggemar Star Wars mungkin sudah gak asing dengar nama James Hobson.

YouTuber asal Kanada, Amerika Serikat ini makin dikenal usai berhasil membuat proto-lightsaber pertama di dunia yang bisa diatur ukuran panjangnya pada akhir 2020 lalu.

Seperti dugaan Urbanreaders, alat buatan James Hobson bersama tim dari Hacksmith Industries memang terinspirasi film Star Wars. Mereka kemudian mencoba membuat versinya sendiri yaitu dengan membuat retractable lightsaber plasma. Nah seperti apa sih bentuknya? Yuk intip lebih dekat, guys.

Kalau diperhatikan, pedang ini punya desain yang mirip dengan milik Jedi Knights. Pedang dipasang ke tangki gas propana cair dan gas oksigen untuk menciptakan tingkat panas tinggi.

Hal ini dibutuhkan untuk membuat sinar plasma. Nah, sinar plasma panas itulah yang digunakan untuk menyerupai lightsaber di film Star Wars. Sinar plasma tersebut memiliki suhu hingga 2.204 derajat celsius.

1611672034-First-retractable-proto-lightsaber-header-tcm25-641760.jpgSumber: Retractable proto-lightsaber pertama di dunia (Guinness World Record)

Berbeda dengan lightsaber lainnya, plasma dalam alat buatan Hobson ini bisa diatur panjang atau pendeknya dengan menekan tombol yang telah tersedia, guys.

Hal ini makin membuat lightsaber Hobson kian mirip dengan yang ada di film. Ide Hobson pun berhasil jadi yang pertama di dunia.

Teknologi yang digunakan untuk membantu cairan mengalir dengan teratur yaitu membuat aliran laminar (laminar flow). Sementara untuk membentuk plasma sendiri maka kita perlu memastikan campuran fluida mengalir dan bertemu dengan sumber api.

Warna lightsaber ini pun bisa kamu ubah dengan menambahkan zat kimia lain ke dalam panas.

Misalnya untuk mendapat warna biru kamu cukup menambahkan zat natrium klorida atau zat asam borat untuk warna merah. Nah, cocok nih buat kamu yang penasaran ingin jadi Jedi dalam sekejap.

Alat ini juga telah diperjualbelikan loh. Hobson menjual alat ini seharga 4 ribu dollar Amerika Serikat, atau setara dengan sekitar Rp 59 juta. Gimana, tertarik untuk mengadopsinya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait