Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

iPhone 13 Bisa Pakai Satelit untuk Telpon dan Kirim SMS

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
iPhone 13 Bisa Pakai Satelit untuk Telpon dan Kirim SMS
Image: Ilustrasi satelit (GSM Arena)

Jakarta - Ada fitur baru yang sangat menarik bakal dihadirkan iPhone 13. Ponsel penerus iPhone 12 bakal punya koneksi satelit untuk telpon dan kirim SMS.

Informasi tersebut dihembuskan analis Ming Chi Kuo. Disebutkannya iPhone 13 bakal terhubung langsung ke satelit orbit bumi rendah (LEO) berkat chip baseband Qualcomm X60 yang disesuaikan.

Bila benar maka iPhone 13 bakal sangat menarik bagi mereka yang tinggal di daerah yang tidak terlayani dengan baik oleh layanan operator seluler, dan mereka yang sering berpetualang ke pedalaman.

Satelit LEO yang dikenal sebagai andalan layanan internet Starlink milik Elon Musk, yang mengoperasikan satelit orbit rendah untuk mengirimkan internet kepada pelanggan dan menghindari beberapa gangguan internet satelit termasuk latensi tinggi, dan pemadaman umum.

Tetapi Starlink bukan satu-satunya perusahaan yang menggunakan satelit LEO untuk konektivitas.  Hughesnet dan OneWeb telah menggabungkan kekuatan untuk meluncurkan pesaing Starlink dan Immarsat mengumumkan konstelasi baru yang dimaksudkan untuk menyatu dengan jaringan 5G terestrial untuk solusi yang lebih global.

Rumor yang lebih penting, ungkap Kuo, Apple kemungkinan tidak bekerjasama dengan Starlink melainkan Globalstar dalam menghadirkan teknologi satelit LEO. 

Kemitraan tersebut masuk akal kedua perusahaan bekerja sama dengan Qualcomm. Untuk diketahui, Qualcomm mengintegrasikan teknologi Globalstar Band n53 ke modem 5F X65 barunya, pada Februari lalu.  

Kuo mengklaim Apple optimis pada komunikasi satelit dan akan membuka peluang di pasar. Karena itu perusahaan besutan Steve Jobs ini mengerahkan tim internal khusus yang bekerja untuk membangun peluang dengan teknologi konektivitas satelit ke lebih banyak perangkat masa depan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait