menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Jakarta International Stadium, Satu Stadion untuk Semua

Rezki Maulana,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jakarta International Stadium, Satu Stadion untuk Semua
Image: Jakarta International Stadium (AntaraFoto//WahyuPutroA)

 

Jakarta - Jakarta International Stadium (JIS) memang dibangun untuk menggelar pertandingan sepakbola kelas atas. Tapi, selain itu, JIS juga bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk konser musik.

Sampai April 2021, pembangunan JIS yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara, sudah berjalan 52 persen. Nantinya ketika rampung, stadion ini akan berkapasitas 82 ribu penonton.

Idealnya stadion sebesar ini bisa jadi alternatif baru untuk pertandingan sepakbola di Indonesia, khususnya di Jakarta yang selama ini mengandalkan Stadion Gelora Bung Karno.

Baca juga: El Clasico di Final Piala Menpora 2021: Persib Vs Persija 

Tapi, stadion ini punya kelebihan yang bisa membuatnya tidak hanya jadi venue sepakbola, tapi juga segala macam kegiatan. Sesuai dengan konsep Stadion Kita, JIS akan memiliki fitur retractable roof atau atap yang dapat dibuka-tutup.

Itu artinya JIS bisa juga digunakan untuk event besar lainnya seperti pertunjukan maupun konser musik.

"Artinya, JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepakbola saja melainkan juga event besar lainnya seperti exhibition maupun konser musik," ujar Direktur Proyek JIS, Iwan Takwin, dalam rilis kepada media, Rabu (21/4/2021).

Iwan menjelaskan, atap atas JIS terdiri dari rangka atap baja utama yang disambung menggunakan sistem space frame atau struktur sambungan baja yang memiliki rongga-rongga disambungkan ke atap utama stadion. 

Baca juga: MotoGP Indonesia Kemungkinan Dihelat Maret 2022 

Dengan konsep Stadion Kita juga, JIS membuka peluang untuk tim-tim sepakbola lokal maupun luar negeri untuk menggunakan stadion itu sebagai tempat pertandingan.

Itu artinya selain Persija Jakarta sebagai tim ibukota, tim-tim lain bisa berkandang di sana. JIS diklaim jadi stadion pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas mumpuni seperti lapangan latihan, retail F&B, plaza, dan juga fasilitas mewah.

"Tak hanya kedua klub di Ibukota saja, JIS pun terbuka untuk semua klub sepakbola yang ada Indonesia maupun luar negeri untuk berkunjung ke lokasi proyek JIS," timpal Corporate Communication Manager PT Jakarta Propertindo (JakPro) Melisa Sjach.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait