menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Kesehatanmu Lagi Terganggu

Itha Prabandhani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Abaikan, Ini 7 Tanda Kesehatanmu Lagi Terganggu
Image: Freepik-Shisuka

 

Jakarta  -  Tubuh punya cara tersendiri untuk ‘memberi tahu’ kamu bahwa kondisimu sedang tidak baik-baik aja. Sayangnya, kesibukan sehari-hari seperti pekerjaan dan rutinitas, tak jarang bikin kamu mengabaikan sinyal-sinyal darurat dari tubuhmu. Akibatnya, saat kondisi sudah memburuk, kesehatanmu langsung drop seketika.

Biar nggak menjurus ke kondisi yang lebih serius, yuk kenali tanda-tanda kesehatanmu mulai terganggu.

Baca juga : Jadwal Minum Air Putih Selama Bulan Puasa

Perubahan Berat Badan

1618454509-perubahan-berat---freepik-rawpixel.jpgSumber: Freepix-Rawpixel

Menurut The Healthy, perubahan berat badan, baik naik maupun turun adalah tanda pertama yang bisa kamu cermati, guys. Kalau berat badanmu secara drastis bertambah maupun berkurang, padahal nggak ada yang berubah dari keseharianmu, maka kamu patut waspada. Tanda ini bisa terjadi akibat kondisi Kesehatan seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme.

Gampang Lelah

Kelelahan yang terus menerus juga adalah salah satu tanda yang sangat umum terjadi pada tubuh. Namun, tanda ini sebaiknya nggak kamu sepelekan. Kalau kamu habis melakukan kesibukan seharian, wajar saja jika tubuhmu mengalami kelelahan. Tapi kalau kamu masih merasakan kelelahan bahkan setelah tidur selama delapan jam, kamu perlu memeriksakan diri ke dokter. Kelelahan terus menerus bisa menjadi indikasi awal penyakit jantung, ginjal, hati, maupun gangguan tekanan darah.

Sakit Kepala

Merasa pusing, sakit, kepala dan disertai dengan kesulitan bernapas dapat menjadi pertanda adanya masalah dalam tubuhmu. Gejala ini dapat terjadi saat tubuhmu kekurangan vitamin dan zat besi. Namun, jika kamu terlalu sering mengalami hal ini, kamu perlu mewaspadai adanya kemungkinan penyakit yang lebih serius seperti penyakit kardiovaskular maupun stroke. Duh!

Kerontokan Rambut

1618454597-rontok---freepik.jpgSumber: Freepik

Kerontokan rambut yang bisa dikategorikan normal adalah sekitar 50-100 helai sehari. Namun, lebih dari itu sudah menjadi ‘lampu kuning’ adanya masalah Kesehatan dari tubuhmu. Beberapa penyakit mungkin saja sedang kamu alami, seperti autoimun, masalah tiroid, maupun kekurangan vitamin.

Uring-uringan

Depresi tidak selalu terwujud sebagai sikap mengurung diri, sedih, atau menutup diri dari pergaulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of California, San Diego, mengungkapkan bahwa gejala depresi dapat berupa sikap mudah tersinggung, marah, atau sering uring-uringan.

Baca Juga : 5 Jenis Minuman Herbal Seduhan Bunga 

Pelupa

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan otak kita pun bakal menurun. Itu kenapa banyak orang tua menjadi pikun. Tapi, kalau masih muda dan mudah lupa akan banyak hal, kamu mesti waspada, guys. Menurut American Association of Clinical Endocrinologists, rendahnya hormon tiroid dalam tubuh dapat berakibat pada sejumlah gejala, seperti menurunnya libido, merasa kedinginan, dan mudah lupa.

Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Pada para cewek, tanda adanya gangguan kesehatan dapat dilihat dari ketidakteraturan siklus bulanannya. Siklus menstruasi yang berubah-ubah dapat menjadi indikasi adanya kondisi kesehatan yang serius seperti polycystic ovarian syndrome, endometriosis, serta gangguan tiroid.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait