beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Jangan Panik, Simak 5 Tips Selamatkan Diri saat Gempa Bumi

Alfian Muntahanatul Ulya,
23 November 2022 15.10.56 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Panik, Simak 5 Tips Selamatkan Diri saat Gempa Bumi
Image: Ilustrasi Gempa. (Pinterest/WIBW)

Jakarta - Belum lama ini kabar duka datang dari saudara se-Tanah Air kita yang menjadi korban gempa bumi dengan getaran yang cukup memporakporandakan bangunan apa saja.

Korban yang berjatuhan pun nggak sedikit dan faktor penyebabnya juga beragam. Tapi, salah satu hal yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana cara untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi.

Pentingnya pengetahuan tentang mitigasi bencana, terutama gempa bumi ini sangat diperlukan ya, Urbanreaders. Sebab mereka bisa datang kapan saja bahkan di luar prediksi manusia.

Mengingat bahwa Indonesia merupakan daerah yang rawan terjadi gempa bumi, jadi sudah semestinya ilmu tentang mitigasi bencana harus digencarkan lagi untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Jangan sampai, karena kelalaian dan ketidaksiapan kita bakal membawa malapetaka bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita.

Nah nggak perlu lama-lama lagi, yuk langsung saja simak tips untuk menyelamatkan diri ketika gempa bumi sedang terjadi berikut ini.

1. Dalam Gedung Ramai

1609300543-Pemkot-Bandung.jpgSumber: Ilustrasi Gedung Sate. (Pinterest)

Hal yang lumrah ketika berada di suatu ruangan lalu terjadi gempa, kita bakal panik setengah mati. Itu adalah respons alami yang dirasakan hampir semua orang.

Tapi sebisa mungkin hindari terburu-buru menuju pintu keluar ya, Urbanreaders. Sebab orang lain mungkin melakukannya juga dan kalian hanya akan terjebak dan saling berdesakan di sana.

Alih-alih, berlindunglah di bawah meja dah jauhi rak pajangan, jendela, atau benda lain yang berpotensi jatuh. Gunakan juga sesuatu untuk melindungi kepala dan lehermu dari reruntuhan.

2. Di Luar Ruangan

1604482310-ilustrasi-lapangan-pertanian.jpgSumber: Ilustrasi lapangan pertanian. (Pixabay)

Saat gempa bumi terjadi dan kita berada di luar ruangan, mungkin kepanikan yang dirasakan sedikit berbeda dari orang yang ada di dalam gedung. Tapi tetap saja, kita harus terus waspada terhadap gempa susulan yang bisa saja terjadi.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah jauhi potensi bahaya seperti kabel utilitas, bangunan, pohon, dan tiang telepon. Sebab kita nggak tahu kapan mereka bisa ambruk. 

Tetaplah berada di area terbuka. Jangan lupa untuk siap-siap dengan menutupi kepala dan leher sampai guncangan gempa berhenti.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait