beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Jatuh Tanggal 22 Desember, Begini Loh Sejarah Hari Ibu

Kintan Lestari,
lebih dari 1 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jatuh Tanggal 22 Desember, Begini Loh Sejarah Hari Ibu
Image: Ilustrasi Hari Ibu. (Freepik)

Jakarta - Setiap tanggal 22 Desember kita memperingati yang namanya Hari Ibu.

Nah, Urbanreaders tahu nggak kenapa tanggal 22 Desember bisa jadi Hari Ibu? Kalau belum tahu, yuk kita cari tahu sejarahnya!

Peringatan Hari Ibu pertama kali berangkat dari diselenggarakannya Kongres Perempuan Indonesia pertama tanggal 22–25 Desember 1928 di Yogyakarta. 

Ratusan perempuan dari berbagai organisasi dan latar belakang saat itu datang untuk membicarakan hak dan nasib perempuan Indonesia yang terkungkung budaya patriarki, seperti tidak bisa menerima pendidikan dan pernikahan dini. 

Setelah kongres pertama, kongres kedua dan ketiga pun kembali digelar untuk membahas kedudukan perempuan.

Kongres Perempuan II yang berlangsung di Jakarta pada tahun 1935 membahas fungsi perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa yang wajib dalam menumbuhkan dan mendidik generasi baru yang lebih menyadari tentang rasa kebangsaan.

Di Kongres Perempuan III tahun 1938 di Bandung tercetus ide peringatan Hari Ibu. Pasalnya di kongres ketiga dibahas tujuan memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki keadaan perempuan Indonesia.

Lalu juga dibahas isu perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita, pernikahan dini, serta perdagangan perempuan dan anak.

Meski ide peringatan Hari Ibu sudah muncul sejak tahun 1938, namun penetapan Hari Ibu secara nasional baru terjadi tahun 1959.

Pada tanggal 22 Desember 1959, di peringatan kongres ke-25, Presiden Sukarno melalui Keputusan Presiden RI No. 316 Tahun 1959 menetapkan tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait