menu
user
URguide

Jenuh dengan Rutinitas? Yuk Lakukan 6 Hal Ini Agar Semangat Lagi!

Itha Prabandhani,
28 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jenuh dengan Rutinitas? Yuk Lakukan 6 Hal Ini Agar Semangat Lagi!
Image: istimewa

Jakarta - Rutinitas pekerjaan, kuliah, atau meeting online marathon yang dilakukan terus menerus dalam jangka waktu lama, bisa bikin kamu merasa bosan dan kehilangan semangat.

Jika kebanyakan aktivitasmu dilakukan di dalam rumah. Tak heran kalau kamu merasa seperti kehilangan motivasi untuk melakukan segala sesuatu. Ini tandanya kamu mulai jenuh dan perlu ‘restart’ otakmu.

Salah satu cara untuk melepaskan diri dari rasa jenuh adalah dengan menyegarkan kembali pikiranmu. Kamu nggak harus berlibur ke tempat yang jauh dan mahal. Kamu bisa lakukan beberapa hal di rumah yang akan membuatmu merasa bersemangat kembali. Berikut beberapa contohnya.

1. Melakukan Yoga

1589814280-yoga.jpgSumber: Ilustrasi yoga. (Freepik)

Jika kamu belum pernah melakukan yoga sebelumnya, sekaranglah saatnya untuk kamu mencoba. Kamu bisa melihat beberapa tutorial di YouTube dan mulailah dengan gerakan-gerakan dasar. Selain membuat badanmu lebih sehat, yoga juga bisa membuat pikiranmu lebih tenang, jernih dan fokus.

2. Bikin Scrapbook Foto Kenangan

1616214237-bikin-scrapbook---freepik-fabrikaslmf.jpgSumber: Bikin scrapbook (Freepik/fabrikaslmf)

Hari gini semua foto kenangan biasanya kamu simpan dalam ponsel atau laptop kan? Nah, kenapa nggak coba sesuatu yang oldschool? Cetaklah beberapa foto kenangan, lalu susun dalam scrapbook. Lebih seru lagi kalau kamu bikin sendiri scrapbooknya. Melihat kembali kenangan-kenangan yang indah bakal membuatmu lebih bahagia dan termotivasi.

3. Mendekorasi Ulang Kamar

1610674993-DIY-dekorasi.jpgSumber: Ilustrasi membuat dekorasi untuk kamar (Freepik)

Susun kembali barang-barang di kamarmu agar suasananya berbeda. Kalau memungkinkan, ganti cat temboknya dengan warna-warna yang cerah namun menenangkan seperti tosca, kuning, atau coklat. Kamu juga bisa berkreasi dengan wallpaper untuk memberi aksen pada dinding kamarmu. Suasana kamar yang baru bakal membuat mood kamu jadi lebih bersemangat.

4. Berkreasi dengan DIY

1612787666-wooden-diy-freepik-rawpixel.jpgSumber: Ilustrasi DIY (freepik/rawpixel.com)

Asah kreativitasmu dengan berbagai kreasi DIY mulai dari bikin masker wajah sendiri, daur ulang barang bekas di rumah, atau menanam berbagai tanaman yang lagi hype saat ini. Mengasah kreativitas juga akan membuat otak kembali terstimulus untuk melakukan hal lain.

5. Baca Buku

1611230327-reading-book.jpgSumber: Ilustrasi baca buku. (Freepik)

Buka kembali koleksi buku atau komik kesayanganmu yang mungkin saat ini menumpuk di gudang. Membaca buku cetak akan memberi sensasi yang berbeda dibandingkan dengan membaca e-book dari gawai. Karena itu, carilah tempat yang paling cozy untuk membaca buku sambil ngeteh atau ngopi.

6. Belajar Bermain Musik

1615256202-Musik-FotoshopTofs.jpegSumber: Ilustrasi musik. (Pixabay/FotoshopTofs)

Beri tantangan pada dirimu sendiri untuk mempelajari sesuatu yang baru, misalnya bermain alat musik. Kalau kamu sudah bisa memainkan piano, sekarang cobalah memainkan satu alat musik lain seperti gitar atau biola. Jika tidak memungkinkan untuk memanggil guru privat, kamu bisa belajar sendiri dari YouTube dan mengikuti tutorial dari para musisi.

Nah, semoga kamu nggak jenuh lagi, ya?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait